Inilah Doa Masuk Masjid Yang Dilengkapi Latin dan Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, May 18, 2019.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Tempat yang mulia di permukaan bumi ini ialah masjid. Disebut masjid karena tempat tersebut dipakai untuk bersujud. Maksud sujud di sini ialah ibadah shalat. Setiap muslim memiliki kewajiban untuk mengerjakan ibadah shalat. Dalam sehari semalam selama dua puluh empat jam itu ada lima waktu yang diwajibkan, yaitu : shalat dhuhur sebanyak empat rakaat, asar sebanyak empat rakaat, maghrib sebanyak tiga rakaat, isya sebanyak empat rakaat, dan subuh sebanyak dua rakaat. Jadi selama sehari semalam itu kalau dijumlah rakaatnya ada tujuh belas rakaat. Untuk laki-laki sangat ditekankan untuk melaksanakan shalat berjamaah di lima waktu tersebut. Maksud berjamaah ialah mengerjakan shalat dilakukan secara bersama sama dengan orang lain. Bisa disebut berjamaah bila yang melakukan paling tidak ada dua orang. Setidaknya ada seorang imam dan seorang lagi menjadi makmum.

    Bagitu pentingnya posisi masjid bagi kehidupan setiap muslim. Ia tidak dipisahkan dari hati seorang muslim . Kita bisa saksikan bahwasannya tiap hari masjid selalu dikunjungi oleh kaum muslimin. Masjid dipakai sebagai pusatnya beribadah shalat berjamaah. Bila masuk hari jumat masjid digunakan untuk kegiatan ibadah shalat jumat. Maka bisa dikatakan bahwa masjid sebagai hidupnya seorang muslim. Ibarat ikan dengan airnya. Tidak mungkin ikan dapat hidup di darat. Ikan tidak bisa dipisahkan dengan habitatnya di air. Begitulah seorang muslim yang baik.

    Tidak hanya kaum pria saja yang ke masjid. Bahkan para wanita pun banyak pula yang ikut melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Memang yang paling ditekankan adalah untuk para laki-laki. Namun, seorang wanita yang ikut melaksanakan shalat berjamaah di masjid pun tidak dilarang. Artinya tetap dibolehkan juga. Fenomena ramainya masjid untuk shalat ini lebih banyak kita saksikan saat di bulan ramadhan. Di waktu tersebut banyak sekali masjid yang penuh sesak dengan jamaahnya. Baik itu laki-laki, wanita, dan anak-anak. Besar kecil, kaya miskin, tua muda semuanya membaur jadi satu dalam rangka melaksanakan shalat wajib berjamaah. Di samping itu juga dilaksanakan pula shalat sunah tarawih. Memang shalat tawarih ini khusus dikerjakan hanya di bulan ramadhan saja.

    Ada beberapa adab yang penting untuk kita ketahui saat masuk masjid. Diantaranya kita mesti menjaga kebersihannya. Terutama dari najis. Ketika pakaian kita penuh dengan kotoran najis maka harus dibersihkan terlebih dahulu bila kita hendak ke masjid. Memasuki masjid pun tak cukup dengan pakaian yang bersih dan rapi. Usahakan kita memilih pakaian yang terbaik yang kita punyai. Untuk laki-laki, berilah juga wangi wangian di pakaian itu tatkala ingin ke masjid. Saat melangkah mau masuk masjid. Gunakan kaki kanan kita. Bukan kaki kiri. Tidak lupa juga untuk kita membaca doa masuk masjid dengan khusyuknya. Nah, mengenai lafazhnya yaitu :

    اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
    Latinnya :
    ALLAHUMMAF TAHLII ABWAABA RAHMATIK.
    Artinya:
    " Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu ".​

    Tidaklah panjang doanya. Begitu muah untuk kita hafalkan. Namun, yang paling penting adalah kita amalkan dalam keseharian kita saat mau masuk masjid. Memang ada beberapa masjid yang dipintu atau bagian dekat pintu dipasangi stiker atau tulisan doa tersebut. Tetapi tidak semuanya memasangnya. Yang terpenting apabila kita sudah hafal tentu tulisan itu ada atau tiada tak begitu masalah. Jangan lupa pula ajarkan doa pendek itu kepada anak-anak. Mereka akan mudah terbiasa bila kita biasakan semenjak dini. Biasa berdoa saat hendak masuk masjid. Amalan sederhana ini akan berbuah pahala. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,184
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Do'amasuk masjid sebetulnya sudah diajarkan oleh guru kita sewaktu sekolah dasar dulu, tapi kenyataannya banyak yang tidak membacanya ketika masuk masjid, termasuk saya kadang juga lupa membacanya ketika buru-buru masuk masjid karena iqomah sudah dikumandangkan
     
  3. Bunga Almira

    Bunga Almira New Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Walau mudah, namun sering dilupakan banyak orang dizaman modern ini.
     
Loading...

Share This Page