Jenis Usaha Catering & Cara Menjalankannya

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by vivaana, Jul 6, 2017.

  1. vivaana

    vivaana New Member

    Joined:
    Mar 7, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Jenis usaha Katering

    Ada berbagai macam jenis usaha Catering, seperti :

    • Catering Rumahan : contoh usaha rumahan katering makanan Usaha katering yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng.

    • Catering makanan anak sekolah : yaitu katering makan pagi/siang untuk Anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak. Selain itu ada juga yang namanya katering makanan sehat dan katering makanan bayi. untuk seputar catering makanan anak sekolah, kalian bisa check di artikel catering diet untuk anak sekolah

    • Catering Kantoran: yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor.

    • Catering Acara Khusus / Hajatan : Seperti pernikahan dan perayaan. Umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

    Cara Menjalankan usaha katering

    Spesialisasi Makanan

    Catering dengan target pasar masyarakat umum seperti tetangga, mahasiswa dan juga pegawai perantauan adalah tujuan Anda maka makanan rumahan yang sederhana adalah jenis makanan yang pas. Dengan variasi lauk yang bermacam-macam, murah, tapi menarik pasti akan laris apalagi jika Anda buka warung di daerah perkantoran, kos, atau kampus. Sedangkan untuk bisnis catering untuk hajatan atau institusi bisa lebih dikhususkan lagi pilihan makanan. Anda bisa memilih jenis masakan Indonesia yang tradisional namun tampak berkelas dengan kualitas yang lebih tinggi, bisa juga memilih masakan oriental, masakan barat, masakan India, dan lain sebagainya. Pemilihan khusus jenis makanan ini memberikan Anda batasan fokus dan memiliki segmen pasar yang lebih khusus.

    Mencari pegawai

    Hal yang harus pertama kali anda pikirkan adalah mencari pegawai yang memiliki keahlian memadai. Hal ini mutlak dipelukan karena usaha ini tidak bisa bejalan tanpa pegawai. Dan pegawai yang baik mutlak diperlukan untuk sukses di bisnis ini. Sebaiknya anda melakukan seleksi dalam memilih pegawai. Bukan hanya bisa masak, namun harus memperhatikan kebersihan dan rasa dari masakan nya. Biasanya anda bisa memulai dari empat pegawai hingga belasan pegawai sesuai skala usaha catering anda.

    Atur manajemen yang baik

    Potensi keuntungan bisnis catering sangat bergantung pada besarnya acara yang Anda tangani. Tentunya Anda membutuhkan manajemen bisnis yang baik agar bisnis catering Anda berjalan dengan baik. Anda harus menjaga agar biaya operasional Anda tidak membengkak, sembari mempertahankan agar kualitas layanan tidak menurun. Untuk mengurangi biaya, Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sebagai kantor, lalu memperkerjakan karyawan untuk membantu Anda. Gunakanlah dapur di rumah Anda atau jika tidak memungkinkan, maka cobalah menyewa dapur restoran terdekat. Oleh karena sifatnya bisnis musiman, maka bisnis catering tidak memerlukan karyawan yang terlalu banyak. Akan tetapi harus diingat, karyawan Anda harus bisa merespon kebutuhan klien dengan baik, professional, dan juga fleksibel dalam memenuhi keinginan klien.
     
  2. liana212

    liana212 New Member

    Joined:
    Dec 27, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Info yang bermanfaat nih, kebetulan saya sedang merintis usaha catering rumahan nih yang melayani pemesanan nasi tumpeng dan juga nasi box.
    Do'ain ya semoga usaha ini sukses dan lancar. Coz masih belajar juga buat mengatur manajemen yang baik. Kalau untuk pegawai alhamdulillah sudah ada.:)
     
  3. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Wah bisa jadi peluang usaha untuk para ibu yang jago masak, terima kasih infonya.
     
  4. Fazza

    Fazza New Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    pernah nyoba bisnis katering juga, tantangan utama dari bisnis katering itu di pemasaran. untuk yang gak punya jaringan luas bisnis katering butuh beberapa tahun untuk bisa mulai nunjukin hasilnya. harus rajin rajin networking sama promosi untuk bisa sukses bisnis katering.
     
  5. Nurul Amalia Wati

    Nurul Amalia Wati Member

    Joined:
    Dec 18, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Bener banget, usaha bidang kuliner sangat menjanjikan sekali ya
     
  6. Abi Fadli

    Abi Fadli New Member

    Joined:
    Jan 9, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    bisnis kuliner merupakan bisnis yang tak akan termakan jaman, kenapa? karena pasti setiap orang butuh makan setiap harinya dan gak cuma sekali saja mereka makan

    franchise indonesia | franchise murah | waralaba murah
     
    Last edited by a moderator: Jan 9, 2018
  7. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    bisnis kuliner kalau amep enak, udah deh bakalan lancar jaya terus tuh bisnis. Tapi kalau rasanya kacau, ya hilang dah tuh bisnis
     
  8. Yuni Apriyani

    Yuni Apriyani Member

    Joined:
    Feb 16, 2018
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Sayangnya bisnis makanan resiko nya besar kalau tidak segera kejual yaa, tapi kalau catering kan dia buat sesuai order, jadi lebih aman, karena dibuat sudah sesuai pesanan orang...
     
  9. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Nah betul itu, yg paling aman di bisnis makanan yaitu catering, karena udah ada kepastian pembelinyaa, beda dengan warung makan, harus pintar" kelolanya
     
  10. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    210
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Wah pas nih thread nya, istri ane harus baca nih, soalnya dia mau buka usaha catering dan dia masi awam
     
Loading...

Share This Page