Kelebihan dan Kekurangan Gunakan Lampu LED Mobil

Discussion in 'Otomotif' started by bontilicious, Mar 11, 2019.

  1. bontilicious

    bontilicious Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    37
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Modifikasi mobil bukan hanya ditujukan untuk memberikan bentuk lain yang lebih modern atau sesuai selera pada mobil saja. Modifikasi juga memiliki fungsi untuk memberikan manfaat yang lebih baik atau lebih dibutuhkan. Salah satu contohnya adalah penggantian lampu standar dengan lampu headlamp led mobil. Kini lampu LED sudah digunakan untuk berbagai tujuan termasuk untuk menggantikan lampu standar depan mobil. Jika dahulu lampu mobil menggunakan sinar kuning, maka kini warna putih dirasakan lebih terang dan jernih. Penggunaan LED juga hemat bahan bakar sehingga digunakan untuk berbagai jenis aksesoris lampu lainnya.

    Bagi Anda yang ingin mengganti lampu standar dengan lampu LED untuk bagian depan mobil, terlebih dahulu harus memperhatikan adanya kelebihan dan kekurangan yang nantinya bisa Anda peroleh. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut yang perlu Anda ketahui sebelumnya.

    Kelebihan menggunakan lampu LED sebagai aksesoris variasi mobil yaitu:

    1. Konsumsi listrik lebih kecil.
    Sebagai salah satu ciri khas lampu LED yaitu kebutuhan listrik yang lebih kecil dibandingkan lampu bohlam. Hal ini juga berlaku untuk lampu mobil, bahkan penggunaan lampu led sebagai lampu depan akan mengurangi kebutuhan listrik lebih dari separuh penggunaan lampu bohlam biasa.

    2. Harga lebih ekonomis.
    Jika Anda mencari lampu bohlam standar sebagai pengganti bohlam bawaan yang rusak, maka Anda harus membayar dengan cukup mahal di toko aksesoris maupun spare part. Namun tak begitu halnya jika Anda memilih memakai lampu headlamp led mobil. Lampu led dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan lampu bohlam karena menggunakan material yang lebih ekonomis.

    3. Lebih terang.
    Lampu LED meski memiliki harga yang lebih ekonomis dan kebutuhan listrik yang lebih kecil namun mampu memberikan sinar yang lebih terang dibandingkan lampu bohlam halogen. Penerangan menggunakan lampu LED mampu diandalkan untuk kebutuhan perjalanan di malam hari meski tanpa lampu jalan.

    Dengan berbagai kelebihan di atas, pemilihan lampu led untuk menggantikan lampu bohlam sangat menggiurkan. Namun Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu mengenai kekurangannya, yaitu kurang jelas saat terjadi hujan dan kabut. Meski terang untuk kondisi jalanan saat kemarau ataupun di malam hari, namun nyala lampu LED akan sedikit buram jika terjadi hujan ataupun kabut. Penerangannya akan meredup atau menjadi kurang jelas dibandingkan lampu bohlam halogen pada kondisi-kondisi tersebut.

    Dengan pengetahuan mengenai kelebihan dan kekurangan penggunaan lampu headlamp led mobil tersebut di atas, Anda dapat memperhitungkan apakah akan mengganti lampu bawaan mobil dengan lampu LED. Jika memungkinkan maka gunakan lampu standar hingga mengalami kerusakan barulah menggantinya dengan lampu LED. Pilihlah lampu yang betul-betul sesuai dengan jenis mobil dan spesifikasi lampu yang dibutuhkan agar dapat digunakan dengan maksimal dan tidak menimbulkan kerusakan.
     
  2. masrent01

    masrent01 New Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya mau coba modifikasi lampu mobil pakai lampu LED juga, jadi keren kan nanti dipakai sama orang yang sewa mobil sama saya.. Maklum usaha kecil penyewaan mobil..

    :)
     
  3. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    417
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Mungkin tergantung kondisi kesehatan mata juga, pengalaman saya disaat hujan deras malam hari bukan kurang jelas lagi, tapi malah gx jelas sama sekali dan harus terpaksa nunggu hujan reda baru lanjut jalan.
     
Loading...

Share This Page