Kenali Penyebab Sakit Maag, Apa Perlu Rawat Inap? Yuk Cek Fakta Ini!

Discussion in 'Health & Medical' started by Septiano, Aug 29, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    50
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Apakah kamu menderita sakit maag? Mungkin sebagian besar akan menjawab iya. Maag adalah penyakit yang terbilang sangat umum diderita oleh orang Indonesia. Saking banyaknya orang yang kena sakit maag, tak banyak orang yang menganggap ini penyakit serius.

    [​IMG]

    Padahal jika tak ditangani dengan serius sakit maag bisa menyebabkan orang sampai harus rawat inap. Apalagi jika sudah tahu punya sakit maag namun tetap tak ada usaha untuk menerapkan tips hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penyebab sakit maag antara lain adalah:


    #1 Penyebab Sakit Maag: Pola Makan yang Tidak Teratur

    Kiat utama untuk terhindari dari sakit maag atau mencegah maag kambuh adalah dengan menjaga pola makan. Pola makan yang tidak teratur memang merupakan salah satu penyebab sakit maag.

    Masalahnya, lambung memproduksi zat asam secara konstan. Asam lambung tersebut berfungsi untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Ketika pola makan tak teratur dan lambung dalam kondisi kosong jumlah asam lambung jadi berlebih dan akan melukai dinding lambung.

    Jika hanya terjadi satu atau dua kali mungkin kondisi ini tak akan langsung menyebabkan sakit maag. Tapi jika sudah berlangsung terlalu sering bisa jadi Anda akan terkena sakit maag akut.


    #2 Penyebab Sakit Maag: Mengkonsumsi Makanan Pemicu Asam Lambung

    Entah disadari atau tidak, ada makanan dan minuman yang ketika dikonsumsi bisa langsung memicu produksi asam lambung berlebih. Contohnya adalah produk olahan jeruk, produk olahan tomat, dan kopi. Mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, terutama ketika perut dalam keadaan kosong bisa membuat lambung memproduksi zat asam dalam jumlah berlebih.

    Jika Anda memang punya riwayat maag, usahakan Anda hanya mengkonsumsi makanan pemicu asam lambung dalam jumlah secukupnya. Pastikan pula Anda hanya mengkonsumsi ketika perut dalam keadaan terisi. Kalau tidak, dikhawatirkan maag yang sudah ada berubah jadi maag kronis. Cek makanan yang baik untuk kesehatan.


    #3 Penyebab Sakit Maag: Jarang Mengkonsumsi Buah dan Sayur

    Anda pasti sudah sangat paham bahwa buah dan sayur adalah hasil alam yang sangat baik untuk kesehatan. Ketika Anda rutin mengkonsumsinya maka akan ada dampak baik yang dirasakan di tubuh Anda. Sebaliknya, jika jarang mengkonsumsi tubuh jadi rawan terkena penyakit.

    Maag adalah salah satu penyakit yang bisa timbul ketika jarang mengkonsumsi buah dan sayur. Penyebabnya adalah karena tubuh tidak akan punya cukup antioksidan yang bisa menstabilkan asam lambung dan menghalau berbagai virus penyebab penyakit. Semua manfaat itu hanya bisa didapat jika Anda rutin mengkonsumsi buah dan sayur.

    Jika Anda sudah terlanjur kena sakit maag sebaiknya mulailah rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Buat jadi berbagai olahan agar tak bosan.


    #4 Penyebab Sakit Maag: Infeksi Bakteri

    Kalau Anda tak menjalankan tips hidup sehat sejak dini bisa jadi banyak bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut dibawa oleh makanan kurang higienis yang Anda konsumsi. Lama kelamaan bakteri itu bisa menyebabkan sakit maag.

    Sakit maag yang disebabkan oleh bakteri memiliki gejala yang sama dengan sakit maag yang disebabkan pola makan tak teratur. Namun untuk mengatasinya mungkin Anda akan memerlukan asupan antibiotik. Agar tak salah memilih obat, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

    Infeksi bakteri harus segera diatasi karena tak hanya bisa menyebabkan sakit maag. Ada banyak penyakit lain yang bisa terjadi, misalnya radang lambung atau usus.


    #5 Penyebab Sakit Maag: Stress

    Walaupun berhubungan dengan sistem pencernaan tak berarti penyebab maag hanya berhubungan dengan makanan. Stress yang tidak terkendali bisa juga menjadi pemicu penyakit sakit maag. Itu karena ketika dalam keadaan stress otak akan melepaskan senyawa kimia tertentu yang memancing naiknya produksi asam lambung.


    Sumber: https://www.pfimegalife.co.id/liter...maag-bukan-penyakit-yang-bisa-dianggap-sepele
     

    Attached Files:

Loading...

Share This Page