Ketahuilah Gejala Penyakit Mata Pterigium

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Sep 17, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    648
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit mata pterigium merupakan salah satu penyakit yang ada di mata, dimana akan terjadi pada pertumbuhan selaput jaringan yang berbentuk segitiga berwarna merah muda dan biasanya akan muncul pada bagian putih bola mata. Penyakit pterigium juga dikenal sebagai mata peselancar atau pterygium juga dikenal sebagai mata peselancar atau surfer’s eye. Umumnya, kondisi ini dimulai pada kornea di dekat hidung dan dapat bertumbuh hingga pupil (bagian hitam mata). Kondisi ini biasanya hanya terdapat di salah satu mata.

    Namun, jika kamu mengalami di kedua mata, gangguan mata ini dinamakan pterygia. Penyakit ini dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan pada pengidapnya karena kadang menimbulkan rasa gatal dan juga memengaruhi penampilan. Jika dibiarkan penyakit ini bisa menjadi parah, maka bisa meningkatkan risiko pupil mata tertutup dan gangguan penglihatan yang signifikan pada pengidap pterygium.

    Meskipun tidak ada gejala yang terlihat atau dirasakan secara eksplisit oleh pengidapnya pada tahap awal. Namun, berbagai keluhan seperti mata kering, sensasi terbakar, gatal seringkali ditemukan pada pengidap. Seiring bertambah parahnya penyakit, lesi akan bertambah besar dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan akibat astigmatisme terinduksi atau karena pertumbuhan jaringan yang mengganggu aksis visual. Berikut ini berbagai gejala yang umumnya dirasakan pengidap pterygium:
    • Pertumbuhan selaput berwarna putih dengan pembuluh darah yang terlihat/menonjol di sudut mata bagian dalam atau luar.
    • Pterygium dapat terjadi pada satu atau kedua mata.
    • Kemerahan pada daerah yang terkena.
    • Iritasi dan perih pada mata.
    • Mata kering.
    • Terkadang mata mengeluarkan air.
    • Terasa seperti ada benda asing di dalam mata.
    • Penglihatan buram (pada kasus parah, pertumbuhan dapat menutupi kornea pusat atau menyebabkan astigmatisme karena tekanan pada permukaan kornea).
    • Terasa seperti ada yang mengganjal di mata ketika selaput pterigium tebal atau lebar.
     
Loading...

Share This Page