Ketahuilah Penyebab Penyakit Crohn

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Aug 19, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    626
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Crohn adalah kondisi jangka panjang yang menyebabkan peradangan lapisan pada sistem pencernaan. Peradangan dapat mempengaruhi setiap bagian dari sistem pencernaan, dari mulut ke bagian belakang, tapi paling sering terjadi di bagian terakhir yaitu pada usus kecil (ileum) atau usus besar (kolon).

    Penyakit Crohn dapat terjadi pada setiap golongan jenis kelamin dan usia, termasuk anak-anak. Namun, sebagian besar kasus terjadi pada orang-orang yang berusia antara 16-30 tahun dan 60-80 tahun. Pada orang dewasam penyakit ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Sementara pada anak-anak, lebih banyak anak laki-laki yang terkena penyakit ini dibandingkan anak perempuan.

    Berikut ini ada beberapa penyebab penyakit crohn diantaranya :
    • Reaksi Autoimun
    Para peneliti percaya bakteri atau virus dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk menyerang lapisan dalam usus. Reaksi sistem kekebalan tubuh ini menyebabkan peradangan, sehingga menimbulkan gejala.
    Gen.

    Penyakit Crohn kadang-kadang menurun dalam keluarga. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki orangtua atau saudara kandung dengan penyakit Crohn mungkin lebih mungkin untuk menderita penyakit ini.
    • Lingkungan Hidup
    Beberapa studi menunjukkan bahwa hal-hal tertentu di lingkungan dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit Crohn, meskipun kemungkinan secara keseluruhannya rendah.
    • Obat Tertentu
    Obat obat anti-inflamasi, antibiotik, dan pil KB dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit Crohn.
    • Jenis Makanan Tertentu
    Makan makanan dengan lemak yang tinggi juga dapat meningkatkan kemungkinan untuk menderita penyakit Crohn.
     
Loading...

Share This Page