Manfaat Menakjubkan dari Rutin Makan Tomat

Discussion in 'Health & Medical' started by prinawidia, Apr 21, 2017.

  1. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    987
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Rasa asam yang ditimbulkan tomat seringkali dianggap sebagai penambah kelezatan banyak jenis masakan. Selain itu, tomat yang sudah matang juga lezat sekali jika dikonsumsi mentah. Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut dengan likopen dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah pada tomat. Berikut ini adalah beberapa manfaat luar biasa dari makan tomat yang dilakukan secara rutin.

    [​IMG]

    Menurunkan risiko kanker

    Tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen. Itu sebabnya jika anda mengkonsumsi tomat secara rutin, maka dapat membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang sudah diketahui dapat menjadi penyebab kanker termasuk jenis kanker yang paling umum yaitu kanker prostat dan kanker klorektal (kanker usus).

    Menormalkan tekanan darah

    Mengurangi natrium merupakan satu hal terpenting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tetapi, meningkatkan asupan kalium juga sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Tomat memiliki kandungan kalium yang bagus dan asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%.

    Meremajakan kulit

    Kandungan kolagen yang merupakan zat pendukung kulit, keberadaannya sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini karena vitamin C nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas sinar matahari.

    Mencegah depresi

    Asam folat dalam tomat juga bisa membantu meredakan depresi dengan cara mencegah kelebihan pembentuk homosistein dalam tubuh. Kelebihan hormon tersebut bisa menghambat darah dan nutrisi untuk mencapai otak. Kelebihan homosistein juga akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang berfungsi mengatur suasana hati, tidur dan juga nafsu makan.
     
  2. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Active Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    514
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kebiasaan saya kalau makan tomat sisanya suka dioles-oles ke kulit wajah :D
     
Loading...

Share This Page