Manfaat Sertifikasi Halal bagi Produsen dan Konsumen

Discussion in 'General Business' started by Maulidina Ramadhani, Feb 13, 2018.

  1. Maulidina Ramadhani

    Maulidina Ramadhani Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Apakah Anda mempunyai bisnis makanan atau minuman? Make up seperti bedak, lipstik dan teman-temannya? Atau bisnis lainnya yang memerlukan sebuah uji kehalalan? Sudahkah Anda menguji produk Anda dalam sertifikasi halal MUI atau lisensi aman BPOM?

    Nah ini menjadi topik yang menarik, terutama untuk Anda yang mempunyai bisnis-bisnis yang dapat dikonsumsi atau digunakan setiap harinya. Sertifikasi halal tidak hanya sekedar tes biasa. Tes ini mencakup keseluruhan proses dari proses awal pembuatan sampai proses penyelesaian produk itu.

    Apakah tes ini membutuhkan waktu yang lama? Kalau ini tergantung dari jenis produk Anda. Karena tidak semua produk bisa lulus dalam uji coba sertifikasi halal dengan mudah. Semuanya berpengaruh kepada cara pengerjaan produk tersebut sampai tahap penyelesaiaannya dan setelah itu MUI akan melakukan sidang penentuan atau Sidang Fatwa MUI untuk menentukan produk Anda layak jual atau tidak.

    Proses terlalu lama? Tidak perlu mengeluh, semua produk pastinya telah melalui proses ini dari usaha menengah sampai usaha kecil.

    Lalu, apa kegunaan sertifikasi halal MUI ini? Berikut beberapa manfaat pengujian sertifikasi halal MUI yang bisa Anda dapatkan sebagai seorang produsen dan juga konsumen.

    Manfaat Sertifikasi Halal bagi Konsumen
    • Memberikan Ketenangan bagi Konsumen. Inilah yang menjadi sebuah "goal" dalam membeli produk. Sebagai konsumen, Anda pasti menginginkan produk yang bisa Anda pakai tanpa harus bertanya-tanya tidak jelas tentang kehalalan produk produsen, bukan?
    • Produk akan terjamin dan aman untuk dikonsumsi atau dipakai sehari-hari. Semakin banyak produk yang halal, maka akan semakin aman serta terjamin kualitas produknya karena pada setiap pergantian sertifikasi halal, produk tersebut akan melakukan uji coba yang ketat dan juga lama karena harus setiap detail yang diperhatikan dalam uji kehalalan ini

    Manfaat Sertifikasi Halal bagi Produsen

    • Memiliki Kesempatan dalam Meraih Pasar dalam Pasar Global. Apakah Anda ingin memperluas pemasaran Anda di luar negeri? Anda akan tenang saja, ini lah yang menjadi kesempatan emas jika Anda mempunyai sertifikasi halal. Produk Anda akan semakin dipercaya dan dapat bersaing dalam pasar global.
    • Produk Usaha Anda akan memiliki USP (Unique Selling Point). Sebagai salah satu cara bersaing dengan kompetitor, tentunya mempunyai sertifikasi halal bisa menjadi daya USP karena memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor lain.
    • Konsumen akan semakin Percaya dengan Produk Anda. Anda tidak perlu khawatir untuk menjual kepada siapapun yang Anda inginkan karena konsumen telah percaya dengan produk Anda.
    • Meraih Pasar pada Negara Muslim. Tidak perlu di Indonesia lagi. Negara muslim seperti Malaysia, Brunei Darussalam atau bahkan sampai benua Asia Timur sana bisa menjadi pasar dagang Anda.
    Apakah Anda sudah mempersiapkan untuk melakukan uji coba sertifikasi halal MUI? Jangan tunggu lain kali karena di tahun 2019 nanti setiap produk usaha WAJIB memiliki sertifikasi halal menurut tribunnews.com.

    Anda ingin melakukan sertifikasi tapi belum mengerti caranya? Anda bisa mengikuti pelatihan sertifikasi resmi dengan IHATEC LPPOM MUI seperti disini.
     
  2. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    489
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    tentu sertifikasi atau sertifikat halal sangat membantu konsumen karena mayoritas konsumen di indonesia muslim
     
Loading...

Share This Page