Masih Pandemi Covid-19! Pikirkan Hal ini Sebelum Membangun Bisnis

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by achbarfarizqy, Oct 2, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    63
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Selama pandemi Covid-19, Memiliki dampak negatif krisis ekonomi yang memengaruhi daya beli pembeli.

    Ada peluang bahwa orang-orang akan menghabiskan uang mereka. kamu tahu bahwa produk tertentu justru semakin dibutuhkan selama masa krisis. Kenyataannya bahwa kesulitan dan tantangan tidak akan sedikit, tetapi dalam jangka panjang, bisnis dengan sendirinya akan menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan.

    Apakah dengan begitu kamu bisa langsung mengambil peluang bisnis terhadap produk tertentu? Apakah dengan begitu kamu akan memulai bisnis saat masa krisis secara dadakan? Tentu saja tidak, kamu harus tetap mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

    1. Temukan Peluang Bisnis yang Pas

    Ada banyak peluang hari ini, tetapi tidak semua dapat dilakukan. Evaluasi kemampuan kamu untuk menentukan jenis dan peluang bisnis mana yang akan diambil. Sebagai patokan, kamu dapat melihat peluang bisnis mana yang memiliki kemudahan untuk menarik hati pelanggan dalam waktu jangka panjang.

    2. Target Pasar

    Jika mengejar semua orang, Kamu tidak akan mendapat siapa pun. Tentukan siapa pembeli ideal bisnis. Tidak hanya menyederhanakan promosi, menentukan target yang dilakukan juga memberikan kamu solusi untuk segala strategi dan kebijakan bisnis.

    3. Mempertimbangkan Hal yang Akan Dilakukan

    Melakukan hal-hal yang tidak dipertimbangkan akan membuang waktu dan uang bisnis kamu. Bisnis harus dibangun berdasar pertimbangan yang matang. Pikirkan jalur bisnis ke pasar dengan pendekatan yang benar. Pelajari dengan baik apa itu bisnis dan bagaimana cara menjalankannya.

    4. Riset Kompetitor

    Ketika kamu memulai bisnis, kamu harus mengetahui siapa dan bagaimana kompetitor kamu saat ini. Kompetitor pasti punya strategi dan kebijakan, kamu dapat mempelajari strategi dan kebijakan yang berhasil di kompetitor dan coba cari kekurangan dari strategi tersebut sehingga kamu bisa tampil beda bahkan lebih baik dari kompetitor.

    5. Hindari Kredit

    Disaat masa krisis, piutang memang menjadi lahan untuk memeroleh penghasilan dengan cepat. Namun, coba hindari pembayaran kredit atau utang terhadap bisnis. Uang tunai sangat disarankan agar bisnis dapat memutarnya kembali dan menutup segala biaya operasional bisnis saat ini.

    6. Maksimalkan SDM

    Banyak pebisnis yang mengurangi jumlah karyawan disaat masa krisis. Maka dari itu, ketika kamu memulai bisnis saat masa krisis, cari peluang sumber daya manusia yang bisa melakukan berbagai hal pada bisnis kamu. Lebih baik memiliki SDM yang berkualitas daripada hanya kuantitas. Ini berlaku pada semua struktur di bisnis yang akan kamu jalankan.

    7. Ketahui Cara Kelola Keuangan

    Meskipun uang bukan segalanya dan kamu bisa saja kehilangan jika hanya mempunyai modal saja dan tidak dapat membuat strategi dan kebijakan dalam bisnis, kamu tetap harus dapat mengelola keuangan dengan baik.

    Begitulah beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan untuk membuat bisnis baru di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.
     
  2. sulissoft

    sulissoft Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Point 7 yang penting banget nich
     
  3. markotop

    markotop New Member

    Joined:
    Aug 3, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Pandemi ini ibaratnya seleksi alam dalam dunia bisnis juga ya tuan :)
     
  4. Tas Fandy

    Tas Fandy New Member

    Joined:
    Sep 26, 2019
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Iya saya setuju dengan pendapat anda pak, dimana pandemi ini kita harus memikirkan dengan matang matang agar tidak salah langkah. Bahkan kita perlu mengurangi biaya iklan dalam promosi
     
Loading...

Share This Page