Mengenal Ondel-Ondel, Salah Satu Budaya Khas Betawi

Discussion in 'Tourism' started by muezaa, Jun 22, 2021.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    84
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tepat pada hari ini, tanggal 22 Juni 2021, Jakarta merayakan ulang tahun yang ke-494. Ada berbagai cara untuk memeriahkannya, salah satunya dengan ondel-ondel yang telah menjadi ciri khas masyarakat Betawi.

    Mengutip HaiBunda, ondel-ondel adalah boneka raksasa yang terbuat dari anyaman bambu, dan dihiasi pakaian serta aksesoris yang menyerupai manusia, serta kerap ditampilkan dalam bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang biasanya ada di berbagai pesta rakyat.

    [​IMG]

    Menurut cerita turun temurun, ondel-ondel dibuat untuk keperluan upacara adat yakni upacara tolak balak. Upacara ini dilangsungkan untuk mengusir wabah penyakit pada suatu kampung. Pada ondel-ondel pria memiliki ciri khas wajah garang berwarna merah dengan gigi dan taring. Pakaian yang digunakan juga berwarna hitam dilengkapi dengan hiasan yang ada di dadanya.

    Sedangkan pada ondel-ondel wanita memiliki wajah berwarna putih sebagai lambang kebaikan seorang ibu. Ondel-ondel wanita juga mengenakan pakaian merah dan kain bawahan berwarna ungu. Sehelai kain menutupi bagian dadanya.

    Satu set ondel-ondel terdiri dari sepasang ondel-ondel pria dan wanita. Ketika ondel-ondel diarak keliling kampung, biasanya akan diiringi oleh musik khusus yang terdiri dari 6-8 tabuhan yakni 1-2 gending tepak, 1 kecrek, 2 ningnong, 1-2 gong kecil, 1 gong besar, dan 1 tehkyan.

    Meski begitu, semakin berkembangnya zaman, kini musik untuk mengiringi ondel-ondel tidak hanya melantunkan lagu khusus ondel-ondel atau Betawi, tetapi dapat diiringi dengan lagu pop yang bahkan sedang naik daun.

    Itulah sedikit kisah dari ondel-ondel, yang merupakan bagian dari kebudayaan khas Betawi dalam merayakan HUT Kota Jakarta. Akhir kata, Dirgahayu kota Jakarta!
     
Loading...

Share This Page