Mengulas Hasil Cetak Digital Kemasan Printing, Apakah Bagus?

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by lalakana, Mar 27, 2020.

  1. lalakana

    lalakana New Member

    Joined:
    Mar 18, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Cetak plastik kemasan sudah semakin mudah saat ini. Ada begitu banyak hal yang jadi keuntungan jika kamu mencetak kemasan dengan menggunakan teknik cetak digital. Tapi apakah hasil cetak plastik kemasan sangat bagus dan layak untuk digunakan setiap usaha?

    Sebuah kemasan memang jadi sesuatu yang sangat penting untuk menunjang kegiatan berbisnis. Tanpa kemasan, rasanya tidak mungkin sebuah bisnis bisa berjalan dan berkembang. Hal ini karena kemasan memegang peran yang sangat penting dalam sebuah industri. Beberapa kemasan seperti jenis kemasan standing pouch misalnya bahkan mampu mendongkrak penjualan, menjadi daya tarik, dan memperpanjang ketahanan produk.

    Penggunaan kemasan plastik sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sejak dahulu kemasan plastik jadi andalan dan banyak digunakan untuk mengemas banyak produk. Namun, penggunaan kemasan plastik saat itu masih terbatas sebagai alat yang mengamankan makanan agar tida terhindar dari kontak fisik luar secara langsung. Belum banyak pengusaha kecil dan menengah yang beralih ke kemasan yang membawa dampak ke penjualan.

    Saat ini memberikan edukasi tentang pentingnya kemasan untuk meningkatkan nilai jual dan menjadi identitas sebuah produk sedang digalakkan. Percaya atau tidak, tapi kemasan memang memiliki keunikan dan keunggulannya tersendiri untuk bisa digunakan pada sebuah produk sehingga mendatangkan profit bagi bisnis. Dengan kemasan, bisnis Anda bisa setara dengan nama-nama besar yang produknya sudah biasa ada di supermarket.

    Dahulu plastik bening yang disegel dengan staples masih banyak digunakan. Tidak menunjukkan nama produk atau komposisi dan label kemasan lain yang penting, sebuah kemasan saat itu masih nampak biasa saja bahkan cenderung tidak menarik.

    Lalu saat teknologi dan digital banyak menyentuh kehidupan manusia, mesin cetak kemasan digital pun ditemukan. Penggunaannya semakin marak dan memberikan nilai jual yang tinggi ke produsen yang menggunakan kemasan tersebut.

    Tapi, bagaimana kualitas yang diberikan?
    Mesin cetak digital diketahui bisa mencetak kemasan dalam kuantitas yang sedikit. Berbeda dari mesin rotogravure yang selama ini sering digunakan oleh banyak jasa cetak plastik kemasan untuk mencetak kemasannya. Tidak hanya itu, mesin cetak kemasan digital juga diketahui jadi salah satu mesin yang bisa mengerjakan pencetakan dengan sangat cepat.

    Beberapa bagian atau komponen yang digunakan pada rotogravure tidak digunakan pada sebuah mesin cetak digital. Misalnya adalah silinder dan pelat yang memakan biaya yang cukup mahal. Tapi apakah mesin cetak yang tidak memiliki komponen tersebut berpengaruh pada hasil cetak?

    Nyatanya, sebuah mesin cetak digital justru bisa menghasilkan kualitas yang sama baiknya dengan yang dihasilkan rotogravure selama ini. Keberadaan plat dan silinder pada rotogravure hanya buang-buang uang sementara mesin cetak digital bisa beroperasi dan menghasilkan hasil cetak yang sama bagusnya.

    Dari segi warna pun tetap sama. Penggunaan mesin cetak digital membuat kualitas warna yang ada pada cetak plastik kemasan yang dihasilkan bisa sangat baik. Warna yang pudar dan tidak sesuai dengan permintaan bisa ditekan karena mengandalkan prinsip kerja digital yang sudah terintegrasi dengan komputer dan tinta berkualitas.

    Gambar buram atau bergoyang yang sering ada pada kemasan sablon atau yang lainnya juga tidak ditemukan pada kemasan yang dicetak dengan metode digital. Stabilitas dan minimnya kesalahan dari pencetakan ini juga menekan limbah dan anggaran yang dikeluarkan.

    Berbagai ukuran kemasan plastik fleksibel pun bisa muat jika menggunakan mesin cetak kemasan digital. Ukuran tidak memengaruhi kualitas yang ada dan jangan khawatir tulisan yang sangat kecil sekalipun pasti masih bisa terbaca karena kualitas cetak yang diberikan juga memuaskan.

    Desain dan warna yang ada di kemasan printing pun bisa bertahan lama dan tidak akan luntur terkena matahari atau udara dan waktu. Ini jadi sangat penting untuk para produsen yang ingin melebarkan sayap usahanya dengan mendistribusikan produk ke banyak wilayah.

    Secara keseluruhan, hasil cetak kemasan printing memiliki kualitas yang baik, tahan lama dengan warna dan desain yang tidak mengecewakan. Kemasan printing bisa jadi solusi para produsen yang membutuhkan kemasan kekinian untuk produknya. Tertarik mencoba?
     
Loading...

Share This Page