Penerapan Otomasi Proses Bisnis Dapat Hasilkan ROI Hingga 400% Bagi Bisnis Anda

Discussion in 'General Business' started by MonsterAR, Oct 28, 2019.

  1. MonsterAR

    MonsterAR Member

    Joined:
    Jun 10, 2018
    Messages:
    80
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Kategori perangkat lunak dalam perusahaan yang paling cepat berkembang saat ini adalah platform otomasi proses bisnis. Tahun lalu saja, tercatat pertumbuhan pasar yang dicapai lebih dari 63%. Robotic Process Automation (RPA) membantu perusahaan mengotomatiskan proses manual yang membosankan dan memakan waktu lama dan menjadikan proses kerja lebih cepat, mudah dijalankan, dan meminimalisir kesalahan.

    Walaupun penghematan biaya umumnya merupakan tujuan utama, yang bisa di capai melalui pengurangan jumlah pegawai potensial dan pemotongan belanja lainnya, sebagian besar perusahaan dengan cepat menemukan bahwa ada manfaat tambahan yang terkadang bahkan lebih besar daripada penghematan biaya tersebut.

    Otomatisasi juga mengurangi kesalahan dan risiko, membebaskan karyawan untuk melakukan pekerjaan yang lebih menarik, yang membuat mereka lebih terlibat, serta peningkatan pelayanan pelanggan dengan respons yang lebih cepat dan hasil yang lebih baik.

    Namun apakah alasan utama bagi perusahaan untuk mulai menerapkan otomasi proses bisnis? "Pesaing Anda mungkin sudah melakukannya," kata Jeff Grisenthwaite, VP produk di Catalytic.

    Ekspansi yang cepat dari kategori perangkat lunak ini menunjukkan bahwa perusahaan mengadopsi otomatisasi pada kecepatan yang sangat tinggi. Ini dengan cepat menjadi komponen penting untuk operasi bisnis, dan sama pentingnya untuk kelangsungan hidup jangka panjang perusahaan mana pun, termasuk perusahaan Anda.


    [​IMG]
    Image Source : wallstreetmojo

    Apa yang dilakukan otomatisasi adalah mengatur seluruh proses kerja, sehingga pekerjaan dapat bergerak dengan mulus antara orang-orang dalam organisasi, orang-orang di luar organisasi, dan mesin-mesin yang melakukan beberapa tugas pekerjaan.

    Salah satu contoh penerapan otomasi proses kerja yang sukses ialah seperti yang di lakukan oleh BMW dengan penerapan teknologi Augmented Reality (AR)untuk mempermudah dalam pemecahan masalah dan memperlancar kordinasi antara team ahli dengan para teknisi. Otomasi ini mampu meningkatkan kecepatan kerja hingga 75%, yang berarti meningkatkan produktifitas kerja secara signifikan.

    Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin merupakan teknologi lainnya yang dapat membantu permudah pekerjaan manusia dan telah di terapkan oleh berbagai perusahaan, walau masih belum bisa di terapkan sepenuhnya.

    AI dapat melakukan beberapa tugas sebaik manusia, dan beberapa tugas bahkan jauh lebih baik atau lebih cepat daripada manusia. Tetapi manusia masih memiliki keunggulan dalam hal input kualitatif, komentar, dan analisis, di antara hal-hal lain - namun, dengan kolaborasi yang baik antara keahlian manusia dan otomatisasi, keajaiban pun terjadi.

    400% ROI Bisa Diwujudkan

    Grisenthwaite mengatakan bahwa ROI yang di hasilkan bisa jadi tak terduga, begitu suatu perusahaan berhasil menerapkan otomasi dengan tepat.

    [​IMG]
    Image Source : lifecycleinsights

    Contoh nyata lainnya yang sukses dalam otomasi proses bisnis adalah Bosch, sebuah pabrikan global yang berhasil menghemat sekitar setengah juta dolar per tahun dengan mengotomatisasi beberapa pekerjaan yang melibatkan pengelolaan ribuan jaringan pemasok mereka, dengan memastikan bahwa semua data mengenai pemasok di semua sistem catatan terkirim, menganalisis perjanjian layanan utama dengan masing-masing pemasok, dan memastikan semua ketentuan sejalan dengan apa yang di harapkan di seluruh jaringan pemasok.


    Contoh lainnya adalah Dentsu Aegis Network, yang merupakan sebuah agen media digital yang mengurangi hampir 70 persen dari upaya manual yang terlibat dalam rekonsiliasi keuangan dari pembelian iklan volume tinggi.

    Sebelum mengotomatiskan proses, puluhan profesional pemasaran kreatif menghabiskan sebagian besar waktu mereka setiap hari untuk menggali data dan spreadsheet, dan melakukan entri data yang cukup mendasar.

    Dengan pekerjaan otomatis itu, mereka dapat menghabiskan waktu mereka untuk meningkatkan efektivitas kampanye iklan yang mereka buat untuk pelanggan mereka.

    Dengan melakukannya otomatisasi, berarti Anda telah berinvestasi yang nantinya akan menunjang kemajuan bisnis di perusahaan Anda saat ini dan dimasa yang akan mendatang.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,241
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Jamanya sudah semakin canggih, semua banyak yang diotomatisasi, perbankan juga sekarang sudah bisa melakukan setor tunai tanpa harus ke bank dan mengantri melalui teller, dengan adanya atm setor tunai, ini megurangi pekerjaan teller
     

Share This Page