Pengguna Mesin Hidrolik Harus Tahu Fungsi Tube Fitting Ini

Discussion in 'General Business' started by Mekanik Hydro, Dec 24, 2021.

  1. Mekanik Hydro

    Mekanik Hydro New Member

    Joined:
    Aug 13, 2020
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    Membicarakan mesin hidrolik memang tidak ada habisnya. Mesin hidrolik kini telah banyak dimanfaatkan pada sektor industri, transportasi, tambang, hingga pelabuhan. Semuanya membutuhkan mesin hidrolik untuk mengefisiensikan kinerja lebih optimal dan hemat waktu.

    Baik kerusakan, perawatan, hingga sparepart mencakup aspek yang cukup luas untuk dibahas. Apa itu tube fittings? Seberapa penting penggunaannya bagi mesin hydraulic system? Mari bahas tuntas selengkapnya disini.

    Pengertian Tube Fitting

    Bagi pengguna mesin hidrolik, spare parts tube fitting sudah menjadi kebutuhan setia penggunanya. Dalam dunia mesin, tubing merupakan barang penting yang selalu dipakai terutama saat berkenaan dengan sistem bertekanan. Selain sebagai penghubung, tubing juga sering digunakan sebagai penghubung antara saluran proses dengan instrument pengukur tekanan, semisal pressure transmitter dan pressure indicator atau pressure gauge.

    Tube yang digunakan dapat menahan tekanan tinggi ; dan tahan terhadap temperature tinggi; sehingga dapat mengurangi resiko kebocoran pada aliran tekanan tinggi yang dapat merusak; dan mengakibatkan kecelakaan; jika mengguakan pipa yang tidak tahan terhadat tekanan tinggi,

    Tubing membutuhkan peralatan berupta fitting atau adapter untuk tersambung ke pipa. Fitting umumnya merupakan sebutan untuk penghubung antara tubing dengan peralatan atau saluran proses dan adapter.

    Jadi kesimpulannya, tube fitting merupakan penghubung pipa yang mengalirkan fluida bertekanan tinggi.

    Manfaat Tube Fitting

    Pada dasarnya, sistem koneksi tube fittings stainless steel ini sangan bermanfaat bagi mesin yang memiliki tekanan tinggi serta tahan terhadap benturan dari luar dan tidak seperti bahan plastik.
    Untuk menguatkan proses instalasi, biasanya tube fittings stainless steel ini akan dikombinasikan dengan tube support sebagai pengikat; agar lebih aman dan disamping ada nilai estetika yang tinggi.

    Kegunaan Tube Fitting

    Meskipun berupa komponen assesories mini, namun siapa sangka kegunaan dari tube fitting ini cukup luas dimanafaatkan diberbagai sektor perusaahaan, seperti;
    • industri perusahaan minyak;
    • industri lepas pantai,
    • industri pabrik kertas,
    • industri perusahaan petrochemical;
    • dan pembangkit listrik tenaga panas bumi dan tenaga uap atau industri nuklir.
    Cara Kerja Tube Fitting

    Cara kerjanya pun sederhana, yakni Fluida yang mengalir di dalam Tubing atau tube serta melewati proses koneksi Tube Fittings stainless juga tahan tehadap bahan kimia; yang di sebabkan bahan dari material tube fittings tersebut berbahan stainless steel; dan tubing nya berbahan stainless steel atau stainless steel low carbon; dan seamless, seamless artinya seluruh ketebalan tubing atau tube tersebut adalah sama.

    Tube Fittings akan dapat digunakan berulang kali, karena tube fittings di rancang untuk hal tersebut mengingat terbuat dari material berkualitas serta anti aus terhadap gesekan sesama material stainless steel.

    Oleh sebab itu sangat penting untuk memilih spare part anti korosi dan terbukti aman dalam jangka waktu panjang, salah satunya dengan memilih supplier tube fitting berkualitas agar terhindar dari kualitas abal-abal yang dapat mengancam performa mesin.

    Sampai jumpa pada ulasan artikel mesin industri selanjutnya.
     
Loading...

Share This Page