Penyakit Glaukoma Dan Penanganannya

Discussion in 'Health & Medical' started by Berkah Walatra, Oct 5, 2017.

  1. Berkah Walatra

    Berkah Walatra New Member

    Joined:
    Sep 30, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Glaukoma adalah gangguan penglihatan yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan bola mata. Meningkatnya tekanan di dalam bola mata ini disebabkan oleh ketidak-seimbangan antara produksi cairan dan pembuangan cairan dalam bola mata. Apabila tidak segera ditangani, tekanan yang tinggi dalam bola mata bisa merusak jaringan-jaringan syaraf halus yang ada di retina dan di belakang bola mata.

    [​IMG]

    Glaukoma adalah penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia setelah katarak. Diperkirakan 66 juta penduduk dunia sampai tahun 2010 akan menderita gangguan penglihatan karena glaukoma. Penyakit glaukoma ini termasuk berbahaya, lebih bahaya daripada katarak karena kebutaan yang disebabkan oleh glaukoma tidak bisa disembuhkan, sedangkan kebutaan yang disebabkan oleh katarak masih bisa diobati dengan operasi atau Obat Terapi Mata Alami.

    Penderita glaukoma sering tidak menyadari adanya gangguan penglihatan sampai terjadi kerusakan penglihatan yang sudah lanjut. Diperkirakan 50% penderita glaukoma tidak menyadari mereka menderita penyakit tersebut sampai mereka mengalami kerusakan mata yang parah.

    Glaukoma bisa menyerang siapa saja. Penanganan dini sebelum parah adalah jalan satu-satunya cara untuk menghindari kerusakan penglihatan serius akibat glaukoma. Jika Anda yang punya ciri-ciri berikut ini, sebaiknya Anda rutin memeriksakan mata.
    • Ada keluarga Anda yang menderita glaukoma.
    • Tekanan bola mata tinggi (mata Anda cepat lelah).
    • Anda menderita miopia atau rabun jauh.
    • Anda menderita diabetes atau kencing manis.
    • Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
    • Migrain atau penyempitan pembuluh darah otak (sirkulasi darah buruk)
    • Pernah mengalami kecelakaan/operasi pada mata sebelumnya
    • Menggunakan steroid (cortisone) dalam jangka waktu lama
    Apabila Anda punya salah satu atau beberapa ciri seperti yang kami sebutkan di atas, maka Anda punya "bakat" untuk menderita glaukoma. Segeralah periksa ke dokter mata terdekat. Jika dokter mata Anda mengindikasikan adanya resiko glaukoma yang tinggi atau sudah ada gejala glaukoma ringan, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk menggunakan Obat Terapi Mata Alami untuk mencegah dan mengobati glaukoma secara dini. Obat Terapi Mata Alami atau jenis-jenis penanganan glaukoma lainnya hanya bisa mengobati glaukoma yang belum parah (belum terjadi kebutaan total).

    Dalam literatur medis dikenal empat jenis glaukoma, yaitu:

    1. Primary Open-Angle Glaucoma / Glaukoma Sudut-Terbuka Primer
    Glaukoma Sudut-Terbuka Primer adalah tipe yang paling umum dijumpai. Glaukoma jenis ini bersifat turunan, sehingga resiko tinggi bila ada riwayat dalam keluarga. Biasanya terjadi pada usia dewasa dan berkembang perlahan-lahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Seringkali tidak ada gejala sampai terjadi kerusakan berat dari syaraf optik dan penglihatan terpengaruh secara permanen. Pemeriksaan mata teratur sangatlah penting untuk deteksi dan penanganan dini.

    2. Acute Angle-Closure Glaucoma / Glaukoma Sudut-Tertutup Akut
    Glaukoma Sudut-Tertutup Akut lebih sering ditemukan karena keluhannya yang mengganggu. Gejalanya adalah sakit mata hebat, pandangan kabur dan terlihat warna pelangi apabila melihat lampu atau cahaya. Beberapa pasien ada yang sering merasa mual dan muntah-muntah. Glaukoma Sudut-Tertutup Akut termasuk yang sangat serius dan dapat mengakibatkan kebutaan dalam waktu yang singkat. Bila Anda merasakan gejala-gejala tersebut segera hubungi dokter spesialis mata Anda dan melakukan perawatan, baik secara medis atau dengan Obat Terapi Mata Alami atau gabungan antara keduanya akan lebih baik.

    3. Secondary Glaucoma / Glaukoma Sekunder
    Glaukoma Sekunder disebabkan oleh kondisi lain seperti katarak, diabetes, mata terluka, peradangan, pendarahan di dalam mata, penyakit mata yang menghalangi cairan mata, dan efek samping dari operasi mata sebelumnya.

    4. Congenital Glaucoma / Glaukoma Kongenital
    Glaukoma Kongenital ditemukan pada saat kelahiran atau segera setelah kelahiran, biasanya disebabkan oleh sistem saluran pembuangan cairan di dalam mata tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya tekanan bola mata meningkat terus dan menyebabkan pembesaran mata bayi, bagian depan mata berair dan berkabut dan peka terhadap cahaya.

    Penanganan Glaukoma

    Glaukoma dapat ditangani dengan obat tetes mata, obat untuk ditelan seperti obat herbal glaukoma, tindakan laser atau operasi yang bertujuan untuk menurunkan/menstabilkan tekanan bola mata dan mencegah kerusakan penglihatan lebih lanjut. Semakin dini deteksi glaukoma maka akan semakin besar tingkat kesuksesan pencegahan kerusakan penglihatan.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    325
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Dulu pernah hampir kena gejala serupa, sperti mata sakit kena cahaya, alhamdulillah Ga perlu Pake OBAT ko, dan awet, pake kacamata Terapi, di marketplace ky tokped 80ribuan, Barang nya awet bertahun" dirumah, jadi jngan nunggu parah baru di obatin
     
Loading...

Share This Page