Penyebab print head digital printing clogging

Discussion in 'General Discussion' started by bimo pamungkas, Jul 23, 2018.

  1. bimo pamungkas

    bimo pamungkas Member

    Joined:
    Apr 2, 2018
    Messages:
    29
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Sebelum lebih lanjut, mungkin ada yang belum tau apa itu Clogging. Clogging adalah tidak sempurnanya print head dalam mengeluarkan tinta yang dapat menimbulkan garis tips pada hasil cetak.

    Clogging terjadi apabila adanya garis putih sewaktu check nozzle atau mencetak, yang menandakan ada daerah yang tidak tercetak karena tidak mengeluarkan tinta, terhalang kerak tinta atau masalah pada nozzle print head tersebut.

    Beberapa Sebab Clogging diantaranya :

    1. Clogging karena Shorting atau korslet pada print head

    Pentingnya merawat mesin dari sisi kelistrikan adalah untuk hal yang satu ini. jangan ambil resiko anda menjalankan mesin tanpa menggunakan daya tambahan, karena ketika mesin sedang berjalan dan tiba-tiba listrik padam atau listrik spaning (Tegangan listri naik dan turun), hal ini sangat berakibat buruk untuk perangkat elektronik manapun tidak terkecuali mesin digital printing dan khususnya print head. Maka dari itu, kami selalu menyarankan kepada setiap pengusaha digital priting untuk menyiapkan tenaga listri tambahan yang fungsinya untuk mengantisipasi masalah ini. harga alat tersebut tidak lah seberapa di bandingkan investasi digital printing anda.

    2. Cloggin Permanen

    Cloggin permanen biasanya terjadi karena kerusakan pada print head itu sendiri yang mengganggu kinerja dari nozzle. biasanya permukaan paling luar pada print head sudah rusak, akibat gesekan atau hal lain yang dapat menyumbat bahkan merusak nozzle itu sendiri. disini di butuhkan perawatan yang teliti dan maksimal.

    3. Cloggin karena negative pressure yang tidak tepat pada posisinya

    Sebagai contoh, pada printer kecil, bila posisi head nya tidak rata saja akan menghasilkan hasil cetak yang kurang baik apa lagi mesin digital printing seperti ini. jadi pastikan sebelum anda menjalankan mesin untuk mencetak, posisi Negatice Pressure sudah tepat pada posisi nya.

    4. Cloggin karena distribusi tinta yang mengalami masalah

    Biasanya hal ini terjadi karena head tidak di rawat, habis pakai langsung di matikan atau di tinggal, padahal pembersihan atau cleaning print head itu berfungsi untuk membersihkan sisa sisa tinta yang masih ada pada selang tinta dan di dalam print head itu sendiri, agar bila kondisi mesin mati, tinta tersebut tidak kering yang bisa menjadi kerak dan dapat meninmbulkan kemampetan arus tinta bahkan menyumbat nya.

    Masalah voltase print head nya juga bisa menyebab kan cloging. untuk melihat kesehatan print head bila menemui clogin adalah, saat print head di cleaning dan hasil cetak masih bagus, berarti tidak ada masalah pada head tersebut. namun bila saat print head sudah di cleaning dan masih terdapat garis saat mencetak, berarti salah satu faktornya adalah settingan yang kurang pas.

    Namun bila cloging nya permanen, misalkan hasil di bersihkan atau di cleaning print head nya masih tetep clogin atau bergaris itu indikasinya print head sudah mengalami masalah, masalah nya seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

    Perawatan hal terpenting
    Semua sumber masalah di atas bersumber dari cara perawatan mesin dan print head nya. bila perawatan yang di lakukan benar, kecil sekali kemungkinan masalah di atas akan terjadi. namun bila perawatan mesin atau print head nya asal saja, bahkan ada juga yang mengabaikan hal ini maka jangan heran bila masalah di atas akan bermunculaan suatu saat.
     
Loading...

Share This Page