Perlukah Peraturan Pembatasan Umur Mobil di Jakarta?

Discussion in 'Otomotif' started by nelson sitompul, Jan 24, 2015.

  1. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Belakangan ini tersiar kabar bahwa di kota Jakarta akan diberlakukan pembatasan umur mobil maksimal 10 tahun. Kebijakan yang mirip dengan aturan di Singapura tersebut, konon akan mengurangi jumlah kepadatan sebesar 700,000 mobil berplat nomer Jakarta. Angka tersebut belum termasuk jumlah mobil non plat B yang diperkirakan sekitar 20%. Dan jika kebijakan pembatasan umur mobil tersebut diterapkan mulai sekarang, maka diyakini akan mengurangi kemacetan secara significant. Katanya....
    Permasalahannya, apakah benar bahwa sumber kemacetan itu berasal dari mobil tua? Sehingga harus dibatasi. Saya teringat saat ada konferensi tingkat dunia di Jakarta, dan truck serta keberadaan transportasi umum dibatasi jumlahnya. Bahkan di waktu tertentu mereka dilarang melintas. Saat itu, sungguh bahagia bagi pekerja yang memiliki mobil dan bekerja di ibukota karena tingkat kemacetan langsung drop.
    Dan kalau melihat banyak beredar mobil baru dengan harga murah, kemudahan proses kredit perbankan di Jakarta dan pajak mobil tahunan yang terjangkau, maka rasanya kebijakan ini hanya menyulut pembelian mobil baru. Artinya, pengurangan jumlah kendaraan bisa saja tidak significant.
    Bagi anda yang tinggal di Jakarta dan memiliki mobil berumur lebih dari 10 tahun, sehingga terkena dampak pelarangan melintas di ibukota, minta komentarnya dong? Dan bagi yang tinggal di luar kota, boleh berkomentar koq.. Kebayang atau tidak, jika di kotamu diberlakukan pembatasan umur mobil? Bisa jadi wilayah lain juga menyusul aturan yang sama, seperti kota Bandung, Surabaya dan Medan yang selama ini kemacetannya mirip ibukota.
     
  2. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya sendiri tinggal di bogor mas, jika pembatasan umur mobil terjadi saya pikir yang akan teriak adalah warga menengah kebawah yang hanya bisa memiliki satu mobil saja, atau orang yang punya angkutan kota, intinya warga menengah kebawah, kalo orang kaya kan tinggal beli baru saja...

    di bogor, saya tinggal mungkin kurang lebih 14 km dari kebun raya bogor /istana bogor, dan jarang macet parah sihh, macet paling lama itu 15 menit aja.. saya pikir bogor dalam waktu dekat tidak akan memberlakukan pembatasan umur mobil :)
     
  3. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Itulah.. yang jerit sudah pasti pemilik atau supir angkot. Memang, usulan di atas dicetuskan gubernur khusus untuk mobil pribadi sih..
    Kalau berlaku di Bogor, wowww surprise, karena kota ini angkotnya super bejibun., hehehehe..
    Oh ya, kalau peraturan mobil plat B dilarang melintas di Bogor di hari libur, jadi berlaku atau tidak, bro @Yusuf.S ?
     
  4. birin

    birin Guest

    pelaksanaannya susah juga sepertinya kalau jadi diterapkan
     
  5. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mungkin harus di imbangi dengan berbagai fasilitas publik yang memadai dan memiliki kualitas, agar para pengendara kendaraan pribadi mau menggunakan fasilitas publik :)
     
  6. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    sepertinya belum berlaku mas, orang tiap hari minggu yang parkir di pinggir kebun raya bogor plat B semua, dari ujung ke ujung :) padahal bentuk kebun raya bogor oval
     
  7. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Kadang ayam telor mas.. bingung yang harus duluan mana... hehehehe
     
  8. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Kalo di jakarta full kamera kaya di singapura, ya mudah..
     
  9. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Bisa jadi saya salah satunya, mas bro... hahahahaha, ngasih makan rusa keasikan tersendiri tuh...
     
    Yusuf.S likes this.
  10. mobileone

    mobileone Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    136
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    aturannya sudah ada namun pelaksanaan dan sosial blm ada
     
  11. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Bang @nelson sitompul, kalo di singapura mereka melakukan pembatasan umur mobil dengan ketentuan/syarat berlaku, dimana setelah 10 tahun untuk mobil pribadi pajak akan naik gila-gilaan serta untuk pembelian mobil baru akan memperhatikan jumlah kenaikan jalan dan kematian mobil lama, hal ini sangat bermanfaat seperti yang abang katakan, tapi kalo di indonesia kayaknya belum bisa kalo aparat jakrta terutama gak bisa tegas dan belum adanya angkutan pendukung yang memadai
     
  12. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    kayaknya kalo mengikuti rule singapura, gak bisa soalnya harga lempar pasti masih tetap mahal disebabkan beli baru juga pajaknya lumayan mahal
     
  13. bimo

    bimo New Member

    Joined:
    Dec 17, 2014
    Messages:
    49
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    Saya pikir hal tersebut sah-sah saja jika mau mengikuti regulasi seperti singapure tentang pembatasan umur mobil di Jakarta, namun bisa diingat bahwa tidak semua negara bisa sama cocoknya dengan kebijakan negara lain tentang suatu hal ya contohnya kaya pebatasan umur mobil ini karena pertama disini udah banyak yang punya mobil, kedua masyarakat indo itu jadi target pangsa para produsen mobil, trus pasti pada ga rela mobil mahal-mahal hanya berlaku 10 tahun, CMIIW
    *pahlawan*
     
  14. Meldawati

    Meldawati New Member

    Joined:
    Aug 5, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Menurut saya kalo peraturan itu bisa membawa perubahan yang baik kenapa tidak, tapi yang terpenting jangan lupa untuk asuransikan mobilnya, nah kalo yang ini banyak keuntungannya bro...:cool:
     
    Last edited by a moderator: Aug 19, 2015
Loading...

Share This Page