Resep Nasi Kuning yang Enak, Praktis dan Sederhana!

Discussion in 'Cooking' started by Prabu, Oct 30, 2017.

Tags:
  1. Prabu

    Prabu Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Selamat pagi den, ada yang mau buat nasi kuning.

    Untuk membuat nasi kuning yang enak tidak membutuhkan trik khusus, hanya saja di butuhkan kesabaran dan kecintaan terhadap dunia kuliner atau bisa dibilang hobi memasak. Tidak perlu mahir hanya butuh kemauan dan suka memasak, jika memasak dengan terpaksa pasti hasilnya juga tidak baik. Oleh karena itu kamu harus suka dulu memasak agar hasil masakanmu enak nantinya.

    [​IMG]
    Resep Nasi Kuning
    Resep Nasi Kuning Sederhana Paling Enak
    Mengenai resep nasi kuning yang enak, adapun bahan dan langkah untuk membuatnya Resep Masakan Kreasi bagikan untuk anda, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan:

    Bumbu utama
    • 1kg/8 gelas beras dengan kualitas baik dan cocok untuk membuat nasi kuning, pilih beras bertekstur pulen seperti pandan wangi atau rojolele
    • 900 ml air santan
    • 4 lembar daun salam
    • 2 batang daun sereh memarkan
    • Air kaldu secukupnya
    • Penyedap rasa
    • 2 lembar daun pandan
    Bumbu tumbuk
    • 1 ruas kunyit
    • 2 cm lengkuas
    • ½ ruas jari jahe
    • 5 siung bawang merah
    • 4 sdt garam
    Cara membuat Nasi Kuning Sederhana
    • Pertama-tama cuci beras sampai bersih, kemudian rendam dulu dengan air agar matangnya lebih cepat
    • Kemudian masukkan ke dalam rice cooker, sesuaikan dengan takaran air sehingga matangnya sempurna tidak terlalu lembek atau tidak terlalu keras
    • Bisa memasukkan santan terlebih dahulu sebelum air, sehingga airnya tidak belebih
    • Tambahkan bumbu tumbuk tadi, kunyit, lengkuas, jahe, bawang merah garam dan aduk hingga merata
    • Tambahkan penyedap rasa dan air kalsu secukupnya agar lebih gurih
    • Masukkan daun salam dan daun serai dan daun pandan
    • Nyalakan rice cooker pilih mode cook, dan tutup
    • Setelah matang segera aduk nasi agar uap dan air tersebar merata sehingga nasi tidak akan menggumpal atau cepat kering.
    Cukup sederhana membuatnya, langkah tersebut merupakan cara memasak menggunakan rice cooker yang lebih simpel. Namun bila ingin hasil yang lebih sempurna bisa menggunakan panci/dandang dan mengetimnya.

    Tapi cara ini lebih sulit dan ribet, ada beberapa proses yang harus dilalui seperti menanak nasi lalu mengetim nasi, selain itu juga harus memastikan nyala kompor stabil, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Oleh sebab itu bagi orang awam akan sulit melakukannya, sehingga ada baiknya menggunakan rice cooker.
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,774
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    nice info kak, jadi laper :D
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Ternyata bikinya cukup simpel ya, masak pakai rice cooker juga bisa. Dan bumbu-bumbunya juga mudah didapat.
     
  4. IrfanCahayaPasundan

    IrfanCahayaPasundan Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Hmmm, kayanya ga sabar kalau harus bikin dulu, mending lansung beli aja deh, disini 6 ribuan sepiring hehe
     
  5. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bererti agan termasuk orang yg gak mau ribet ya
     
  6. Prabu

    Prabu Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Hmmmm. kalau di rumah bisa makan sepuasnya den. Bisa juga sepiring berdua :D
    Iya den, bener banget. Ternyata mudah, hehehe
    Selamat mencoba den
     
  7. Ahmad Wahyudin

    Ahmad Wahyudin Member

    Joined:
    Jun 13, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    laper laper lihat ini jadi pengen maem...
     
  8. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Kayaknya enak buat resep kalo ada acara pengajian bisa kayaknya hehe :D
     
  9. liana212

    liana212 New Member

    Joined:
    Dec 27, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Yummmyyy,,,, jadi laperr,,, :D
    Duuh,, jadi pengen makan nasi kuning yang gurih lagi.
    Padahal baru kemaren makan nasi kuning pas acara syukuran kantor, kebetulan di kantor pesan nasi tumpeng kuning yang jumbo dengan lauk pauk yang lengkap.
     
Loading...

Share This Page