Rumah Sejuk Tanpa AC? Ini Rahasianya!

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Oct 11, 2017.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    36
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Siapa sih yang gak betah tinggal di hunian yang sejuk dan nyaman? Apalagi kalau kamu tinggal di kawasan perkotaan yang makin hari makin panas. Duh, rasanya ingin pindah ke negara 4 musim aja deh. Tapi, daripada pindah negara, orang-orang lebih memilih untuk memasang pendingin ruangan (AC) di dalam rumahnya.

    Penggunaan AC memang gak salah, tapi, hal ini sebenarnya gak baik untuk lingkungan. Selain itu, memasang AC juga dapat menambah pengeluaran bulananmu. Nah, dari pada lingkungan makin rusak dan kantongmu makin bolong, coba deh beberapa cara di bawah ini agar rumahmu bisa tetap sejuk meskipun tanpa AC.

    Matikan Alat Elektronik

    Peralatan elektronik yang menyala merupakan salah satu penyebab naiknya suhu ruangan, apalagi komputer dan TV yang merupakan penyumbang energi panas paling besar. Karena itulah, matikan dan cabut kabel benda-benda elektronik tersebut dari stop kontak saat sedang tidak digunakan. Tahukah kamu bahwa kabel yang terpasang sebenarnya masih dialiri listrik? Hal inilah yang menjadi pemicu meningkatnya suhu dalam ruangan.

    Matikan Lampu

    Lampu yang terus menyala sepanjang hari dapat menjadi penyebab hunian menjadi panas. Hal ini disebabkan oleh energi panas yang dikeluarkan oleh lampu. Bahkan, lampu berteknologi LED juga mengeluarkan energi lho. Maka dari itu, matikan lampu saat tidak digunakan dan ganti bohlam dengan teknologi energi efisien dan ramah lingkungan untuk mendapatkan rumah sejuk tanpa AC.

    Minimalkan Masuknya Sinar Matahari

    Terkena paparan sinar matahari memang panas, tak terkecuali hunian. Sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan secara langsung dapat membuat rumahmu terasa makin panas. Solusinya, pasang tirai atau gorden untuk menutup jendela. Atau, kamu juga bisa memasang kaca film sebagai filter cahaya untuk membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk.

    Gunakan Bahan Alami

    Penggunaan bahan sintetis pada perabotan dapat membuat kulit sulit untuk bernafas sehingga suhu tubuh pun meningkat. Untuk menjadikan rumah sejuk tanpa AC, gunakanlah bahan seperti katun atau linen untuk sprei, sarung sofa dan karpet. Bahan-bahan tersebut bisa membantumu terhindar dari rasa gerah saat sedang di dalam rumah.

    Buat Pendingin Udara Buatan

    Last but not least, untuk membuat rumah sejuk tanpa AC, kamu bisa mencoba untuk membuat pendingin udara buatan. Caranya gampang banget! Kamu hanya perlu menyiapkan kipas angin meja dengan semangkuk air es atau es batu di depannya. Dengan begini, butiran-butiran air dingin yang tertiup oleh kipas akan menyebar sehingga ruangan pun menjadi sejuk.

    Bagaimana? Tidak sulit kan menciptakan rumah sejuk tanpa AC? Kamu jadi lebih bersahabat dengan lingkungan dan juga kantong kamu. So, happy tryin’!
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. duhil

    duhil Member

    Joined:
    Jul 16, 2014
    Messages:
    41
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Rumah saya si sempet panas wakut itu walaupun udah pasang ac...
    Gataunya memang panas karena ventilasi ga ada, akhirnya dipasang peredam panas makanya jadi adem wkwk
     
  3. SyamsQ

    SyamsQ Member

    Joined:
    Jan 7, 2015
    Messages:
    446
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    peredam panas bagaimana?
     
  4. Rifa Firmansyah

    Rifa Firmansyah Member

    Joined:
    Oct 8, 2016
    Messages:
    319
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page