Seberapa Penting Kuesioner Kinerja Karyawan Diperlukan Didalam Suatu Perusahaan

Discussion in 'General Discussion' started by arissaputro, Dec 29, 2020.

  1. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Kuesioner kinerja karyawan adalah pengumpulan jawaban seperti tanggapan dari suatu kelompok orang dengan memberikan sejumlah pertanyaan.*belajar*

    Kuesioner kinerja karyawan merupakan bagian penting yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan.Dengan penerapan kuesioner,perusahaan dapat memantau kinerja karyawan dan pengembangan perusahaan kedepannya.

    Biasanya departemen yang menangani atau membuat kuesioner kinerja karyawan disuatu perusahaan yaitu bagian personalia.Jika suatu perusahaan belum memiliki bagian yang tepat(bagian personalia mempunyai banyak tugas lain yang lebih penting),masalah kuesioner kinerja biasanya langsung diambil alih oleh pimpinan perusahaan secara langsung.

    Tetapi jika semua departemen maupun pimpinan memiliki keterbatasan karena memiliki agenda lain yang lebih penting, perusahaan dapat menyewa konsultan-konsultan sumber daya manusia yang menyediakan jasa melakukan kuesioner sampai pada tahap kesimpulan akhir.*bagus*


    Dengan dilakukannya kuesioner kinerja karyawan,suatu perusahaan mendapatkan manfaat seperti,

    • Meningkatkan kualitas dan produktivitas karena perusahaan lebih cepat dan tepat menentukan strategi dan pola kerja perusahaan.

    • Perusahaan dapat memonitor kemampuan setiap pegawai dalam bekerja untuk meraih target.Entah itu kemampuan secara kualitas maupun kuantitas dari pekerjaan yang dilakukan masing-masing karyawan.

    • Perusahaan memiliki data yang dapat dijadikan acuan dasar untuk menentukan bagaimana peningkatan kinerja masing-masing karyawan dalam mencapai hasil akhir pencapaian suatu target perusahaan.Ini dapat dikaitkan dengan perbaikan penghasilan setiap pegawai.

    Semua manfaat dari kuesioner diatas akan memberikan perusahaan untuk mencapai tujuan akhir yaitu untuk mengevaluasi proses maupun pola kerja karyawan,sehingga dapat dilakukan perbaikan yang lebih baik mencapai keberhasilan suatu visi-misi perusahaan.

    Lalu setelah mengetahui apa itu,manfaat dan tujuan dilakukan kuesioner,langkah apa yang harus dilakukan untuk penyusunan kuesioner kinerja karyawan.Penyusunan suatu kuesioner kinerja karyawan harus mengarah untuk tercapainya target perusahaan dengan mengajukan beberapa pertanyaan dengan indikator-indikator dibawah ini,

    • Penyesuaian isi dengan tujuan yang ditargetkan.Setidaknya kuesioner memiliki minimal 3 pernyataan(lebih banyak lebih baik) supaya data lebih akurat,

    • Menggunakan skala ukuran yang lebih mudah dinilai.Sebaiknya Menggunakan skala seperti sangat setuju,setuju,kurang setuju dan tidak setuju.

    Skala ini lebih mudah dinilai dan lebih mudah dalam perbaikan jika ada kekurangan atau peningkatan jika sudah sesuai target.Hindari memakai skala netral.

    Karyawan lebih suka berhati-hati dan jika tercantum skala netral,mereka pasti akan memilihnya dan menghindari resiko terhadap dirinya jika suatu hal terjadi kedepannya.

    • Penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh karyawan.Setiap perusahaan pasti memiliki jenjang jabatan yang berbeda dan disesuaikan dengan pendidikan dan wawasan karyawan.

    Jika ada suatu pertanyaan yang tidak relevan itu akan menyulitkan karyawan memberikan penilaian yang sesuai.

    • Bentuk dan jenis kuesioner secara terbuka atau tertutup.Jika yang dinilai adalah perorangan atau karyawan penggunaan kuesioner sebaiknya dilakukan secara terbuka dengan mencantumkan nama karyawan supaya lebih menilai mana karyawan yang sesuai tujuan perusahaan.

    Tetapi jika sebaliknya atau untuk perusahaan sebaiknya tanpa mencantumkan nama setiap karyawan.Hal ini bertujuan supaya karyawan lebih terbuka dan jujur menilai kinerja perusahaan.

    Nah itulah tujuan dan manfaat diaplikasikannya kuesioner kinerja karyawan oleh suatu perusahaan beserta cara penyusunannya.Itu juga yang menandakan bahwa kuesioner itu penting dan perlu diterapkan oleh setiap perusahaan.:)*happiness**yess**merokok1*
     
  2. Jeslinadinda

    Jeslinadinda New Member

    Joined:
    Feb 6, 2019
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    penting banget untuk jadi measurement seberapa bagus kayyawan melakukan pekerjaannya. jadi value dia bekerja ada peniliaiannya juga. cuma gak semua perusahaan memberlakukan kuisioner kayak ini.
     
    arissaputro likes this.
Loading...

Share This Page