Sifat-Sifat Yang Patut Dicontoh Dari Samurai

Discussion in 'General Discussion' started by Rahma Yuni, Jun 10, 2014.

  1. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    "Seorang ksatria harus paham betul tentang yang benar dan yang salah, dan berusaha keras melakukan yang benar dan menghindari yang salah. Dengan cara itulah bushido biasa hidup."
    Seorang Samurai senantiasa mempertahankan etika, moralitas, dan kebenaran. Integritas merupakan nilai Bushido yang paling utama. Kata integritas mengandung arti jujur dan utuh. Keutuhan yang dimaksud adalah keutuhan dari seluruh aspek kehidupan, terutama antara pikiran, perkataan, dan perbuatan.
    Nilai ini sangat dijunjung tinggi dalam falsafah bushido, dan merupakan dasar bagi insan manusia untuk lebih mengerti tentang moral dan etika.

    1. Yū (勇 – Keberanian) / Berani dalam menghadapi kesulitan.

    [​IMG]
    "Pastikan kau menempa diri dengan latihan seribu hari, dan mengasah diri dengan latihan selama ribuan hari". (Miyamoto Musashi)
    Keberanian merupakan sebuah karakter dan sikap untuk bertahan demi prinsip kebenaran yang dipercayai meski mendapat berbagai tekanan dan kesulitan. Keberanian juga merupakan ciri para samurai, mereka siap dengan risiko apapun termasuk mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan keyakinan.
    Keberanian mereka tercermin dalam prinsipnya yang menganggap hidupnya tidak lebih berharga dari sebuah bulu. Namun demikian, keberanian samurai tidak membabibuta, melainkan dilandasi latihan yang keras dan penuh disiplin.

    2. Jin (仁 – Kemurahan hati) / Memiliki sifat kasih sayang.

    [​IMG]

    "Jadilah yang pertama dalam memaafkan."(Toyotomi Hideyoshi)
    Bushido memiliki aspek keseimbangan antara maskulin (yin) dan feminin (yang). Jin mewakili sifat feminin yaitu mencintai. Meski berlatih ilmu pedang dan strategi berperang, para samurai harus memiliki sifat mencintai sesama, kasih sayang, dan peduli.
    Kasih sayang dan kepedulian tidak hanya ditujukan pada atasan dan pimpinan namun pada kemanusiaan. Sikap ini harus tetap ditunjukan baik di siang hari yang terang benderang, maupun di kegelapan malam. Kemurahan hati juga ditunjukkan dalam hal memaafkan.

    3. Rei (礼 – Menghormati) / Hormat kepada orang lain.

    [​IMG]
    "Apakah kau sedang berjalan, berdiri diam, sedang duduk, atau sedang bersandar, di dalam perilaku dan sikapmu lah kau membawa diri dengan cara yang benar-benar mencerminkan prajurit sejati. (Kode Etik Samurai)
    Seorang Samurai tidak pernah bersikap kasar dan ceroboh, namun senantiasa menggunakan kode etiknya secara sempurna sepanjang waktu. Sikap santun dan hormat tidak saja ditujukan pada pimpinan dan orang tua, namun kepada tamu atau siap pun yang ditemui. Sikap santun meliputi cara duduk, berbicara, bahkan dalam memperlakukan benda ataupun senjata.

    4. Makoto atau (信 – Shin Kejujuran) dan tulus-ikhlas / Bersikap Tulus dan Ikhlas.
    [​IMG]

    "Samurai mengatakan apa yang mereka maksudkan, dan melakukan apa yang mereka katakan. Mereka membuat janji dan berani menepatinya." (Toyotomi Hideyoshi)
    "Perkataan seorang samurai lebih kuat daripada besi." (Kode Etik Samurai)
    Seorang Samurai senantiasa bersikap Jujur dan Tulus mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran. Para ksatria harus menjaga ucapannya dan selalu waspada tidak menggunjing, bahkan saat melihat atau mendengar hal-hal buruk tentang kolega.

    5. Meiyo (名誉 – Kehormatan) / Menjaga kehormatan diri.

    [​IMG]

    "Jika kau di depan publik, meski tidak bertugas, kau tidak boleh sembarangan bersantai. Lebih baik kau membaca, berlatih kaligrafi, mengkaji sejarah, atau tatakrama keprajuritan." (Kode Etik Samurai)
    Bagi samurai cara menjaga kehormatan adalah dengan menjalankan kode bushido secara konsisten sepanjang waktu dan tidak menggunakan jalan pintas yang melanggar moralitas.

    Seorang samurai memiliki harga diri yang tinggi, yang mereka jaga dengan cara perilaku terhormat. Salah satu cara mereka menjaga kehormatan adalah tidak menyia-nyiakan waktu dan menghindari perilaku yang tidak berguna.



    6. Chūgo (忠義 – Loyal) / Menjaga Kesetiaan kepada satu pimpinan dan guru.

    [​IMG]
    "Seorang ksatria mempersembahkan seluruh hidupnya untuk melakukan pelayanan tugas." (Kode Etik Samurai)
    Kesetiaan ditunjukkan dengan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Kesetiaan seorang ksatria tidak saja saat pimpinannya dalam keadaan sukses dan berkembang.
    Bahkan dalam keadaaan sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, pimpinan mengalami banyak beban permasalahan, seorang ksatria tetap setia pada pimpinannya dan tidak meninggalkannya. Puncak kehormatan seorang samurai adalah mati dalam menjalankan tugas dan perjuangan.

    7. Tei (悌 – Menghormati Orang Tua) / Menghormati orang tua dan rendah hati.

    [​IMG]
    "Tak peduli seberapa banyak kau menanamkan loyalitas dan kewajiban keluarga di dalam hati, tanpa prilaku baik untuk mengekspresikan rasa hormat dan peduli pada pimpinan dan orang tua, maka kau tak bisa dikatakan sudah menghargai cara hidup samurai. (Kode Samurai)."Samurai sangat menghormati dan peduli pada orang yang lebih tua baik orang tua sendiri, pimpinan, maupun para leluhurnya. Mereka harus memahami silsilah keluarga juga asal-usulnya. Mereka fokus melayani dan tidak memikirkan jiwa dan raganya pribadi.

    Sumber: asalasah.blogspot.com​
     
    Last edited: Jun 10, 2014
  2. dava hendrawan

    dava hendrawan New Member

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
  4. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Ya... sebenernya ini kunci.. kenapa orang jepang lebih maju.. karna sebagian org jepang nerapin bushido itu
     
  5. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18

    Iya ayoooo haha;)
     
  6. mimi.do

    mimi.do Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    176
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    sipat2 yang memang wajib di contohh, semoga saya bisa menjalankan itu
     
  7. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Amin...semoga sy juga hehe
     
  8. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Hehe iya... tapi ini sih cuma tambahan aja.. kan masih ada yg belum tau sifat2 samurai*keren2*
     
  9. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    @Rahma Yuni nomer satu sepertinya belum tertulis di atas.
    Kehormatan dan membuang waktu kok di hubung-hubungkan ya.
     
  10. Didit Aditia

    Didit Aditia Member

    Joined:
    May 21, 2014
    Messages:
    149
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    kalau yang berbau jepang saya selalu suka gan termasuk ceweknya , dan samurainya ..
     
  11. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    So jangan cuma hobi nonton filmnya, baca komiknya, atau maen game nya aja, tapi contohlah spiritnya. .yooo
    *peace*
     
  12. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Hormat yg dimaksud disni kaya menghargai gitu kali ya... hehe
     
  13. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Sipp ayo deh...
     
  14. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Haha iya.. cewe jepang cantik kaya saya.. *malu1**ketawa4*
     
  15. iyung

    iyung New Member

    Joined:
    Jun 11, 2014
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kira kira seperti film the last samurai,,Semangat sampai mati,,spirit yang sangat luar biasa
     
  16. Priana Saputra

    Priana Saputra Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    123
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    "Jadi iget" Film nya Himura Kenshin.., Saya pkir samurai itu, lambang kekekaran karena diantara pedang yang lain, Katana lebih kekar. *pendekar*
     
  17. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    sekedar info : banyak loh samurai yang tiak mempunyai salah satu atau semua sifat di atas,
     
  18. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Threadnya bagus juga nih dan cocok untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari :)

    Bookmark dulu jeng :D
     
  19. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Wah bagus deh kalo suka film samurai.. moga gaa diambil negative nya ya
     
  20. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Hmm.. kalo itu kurang tau deh ehehe
     
Loading...

Share This Page