Strategi Budaya Korea Selatn

Discussion in 'General Discussion' started by tiyo, Mar 5, 2016.

  1. tiyo

    tiyo Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    42
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Budaya pop Korea telah memasuki semua ranah media, mulai dari televisi, sosial media, sampai dengan panggung hiburan. Contoh yang paling mudah disebut adalah drama televisi (K-drama) serta industri musik/lagu (K-pop).

    Penetrasi budaya pop Korea ini membentang dari kawasan Asia, Amerika, hingga Afrika dan Timur Tengah. Nama dan istilah seperti Girls’ Generation, Winter Sonata, dan Gangnam Style rasanya sudah familiar, terutama dikalangan generasi muda dari berbagai belahan dunia. Untuk itu, artikel ini akan mengulas tentang strategi penetrasi budaya modern, dalam hal ini K-drama dan K-pop, dari sudut pandang ekonomi.

    Jika menilik data yang disajikan oleh Organisasi Kepariwisataan Korea Selatan (the Korea Tourism Organization/KTO), peran budaya modern pada perekonomian Korea Selatan antara lain terlihat dari hasil penjualan pada industri musik (K-pop) yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Untuk 2011 saja, total penjualan dari industri musik pop Korea mencapai angka US$ 177 juta, meningkat dari tahun sebelumya yang berada di kisaran US$ 80.9 juta (www.visitkorea.or.kr).

    Selain itu, sumber yang sama juga menyebutkan adanya peningkatan yang cukup tajam dalam hal kunjungan wisatawan mancanegara ke Korea Selatan. Tercatat di 2009 terdapat kurang lebih 7.8 juta pengunjung, atau meningkat 13.4% dari tahun sebelumnya. Kemudian dipaparkan juga proyeksi jumlah pengunjung dari luar negeri sampai dengan akhir 2015 yang ditargetkan mencapai lebih dari 10.8 juta. Bila target ini terwujud, maka dampaknya akan terlihat pada meningkatnya pendapatan nasional, khususnya dari sektor pariwisata.

    Situs resmi Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan (the Ministry of Culture, Sports and Tourism) juga menyajikan informasi mengenai berbagai festival budaya yang diadakan dalam rangka menjaring pengunjung internasional. Acara-acara ini merupakan elemen yang melekat pada visi yang diusung, yakni ‘mengglobalkan’ nilai-nilai Korea (Korean Value) dan meningkatkan posisi Korea Selatan dimata dunia internasional melalui strategi budaya (www.mcst.go.kr).

    (Strategi Budaya Korea Selatan)
     
  2. Om Gembung

    Om Gembung Member

    Joined:
    Feb 28, 2016
    Messages:
    102
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    tapi memang Korea Selatan itu sangat menjunjung tinggi dalam bidang kebudayaan,Ane memang salut dengan orang Korea.
     
  3. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Bisnis penunjangnya yang berbau korea juga naik pesat lho......
     
  4. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    waaaah luar biasa :D Kalau saya memang salah satu pecinta drama korea, drama yang pada baper dan romance *boohoo*
     
Loading...

Share This Page