Tanaman Obat alami Gagal Ginjal

Discussion in 'Health & Medical' started by Silmi Alimatul, Oct 18, 2018.

  1. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Gagal ginjal merupakan kondisi dimana terjadi penurunan fungsi ginjal di bawah batas normal. Ini sering membuat penderitanya tidak mampu menyaring kotoran, tidak mampu mengontrol jumlah air dalam tubuh, serta kadar garam dan kalsium dalam darah. Ini mengakibatkan zat-zat sisa metabolisme yang tidak berguna, akan tetapi tinggal dan mengendap di dalam tubuh yang lambat laun bisa membahayakan kondisi pasien.

    Untuk mengatasinya sendiri Anda bisa menggunakan tanaman herbal di sekitar yang kemudian di olah menjadi obat alami gagal ginjal. Berikut ini beberapa diantaranya :

    1. Kumis Kucing
    Tanaman obat gagal ginjal yang pertama ialah kumis kucing yang sudah terkenal mempunyai banyak khasiat atau manfaat untuk tubuh salah satunya ialah baik untuk mengatasi gagal ginjal. Ini karena kumis kucing mampu merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine secara berlebihan sehingga natrium serta ion yang ada di dalamnya ini bisa terbawa urin keluar dari tubuh.

    2. Daun Binahong
    Berikutnya ada daun binahong yang terbuki dalam sebuah penelitian memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal. Cara menggunakan daun binahong sebagai obat adalah merebus beberapa daun binahong lalu minum airnya. Daun Binahong tidak hanya dikenal sebagai obat ginjal tetapi banyak digunakan sebagai vitamin dan bahan baku kecantikan.

    3. Daun Sukun
    Daun sukun adalah salah satu tanaman ginjal yang cukup ampuh untuk meluruhkan batu ginjal. Dengan hadirnya tanaman daun sukun ini, penderita gagal ginjal tidak harus melakukan cuci darah.

    Hal ini karena daun sukun mengandung beberapa senyawa seperti flavonoid, tanin, dan asam hidroksik, bahkan riboflavin dan asetikolin yang dipercaya dapat membantu memulihkan kondisi ginjal. Sama seperti kumis kucing, kita bisa merebus daun sukun untuk membuat jamu dari sisa air matang.

    4. Meniran
    Meniran merupakan tanaman obat tradisional yang mempunyai banyak khasiat atau manfaat untuk tubuh manusia. Untuk mendapatkan manfaatnya, meniran harus direbus dengan air kemudian diminum. Biasanya untuk mendapat manfaat maksimal, daun meniran direbus dengan jahe dan kumis kucing. Karena rasanya pahit, biasanya orang sering menambahkan pemanis seperti madu atau gula Jawa.

    5. Mahkota Dewa
    Banyaknya manfaat luar biasa dalam mahkota dewa ini karena dalam buah mahkota dewa ada beberapa senyawa penting seperti saponin, alkaloid, polifenol, dan flavonoid dan banyak lagi. Salah satu khasiat buah mahkota dewa adalah dapat mencegah atau meringankan gejala gagal ginjal. Terutama apabila gagal ginjal yang menyerang diikuti oleh penyakit lain seperti hepatitis B dan penyakit hati atau liver.
     
Loading...

Share This Page