Tari seudati tarian dari aceh yang menawan

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by lelafik, Jun 20, 2016.

  1. lelafik

    lelafik Member

    Joined:
    Aug 12, 2013
    Messages:
    98
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tari seudati tarian dari aceh yang menawan. Apakah anda pernah menyaksikan penampilan dari tari Seudati? Bila anda sudah pernah pasti anda setuju dengan saya bahwa tari yang satu ini memang sangat indah dan sangat khas. Tarian ini termasuk dalam kategori tribal dance yang memiliki gerak tarian yang sangat indah dan menarik. Nah tahukan anda bahwa dulunya tarian ini sangat di takuti oleh penjajah belanda? Karena takutnya mereka melarang penduduk untuk menampilkan tarian ini. Lalu kenapa panjajah belanda begitu ketakutan dengan tarian masyarakat aceh, ini berikut ulasanya tari seudati.jpg

    Tari seudati

    Tari seudati di tampikan oleh penari laki laki yang jumlahnya 8 0rang. Dengan memakai celana putih dan kaos penari bergerah sangat lincah. Belanda perncara bahwa tarian ini bisa membangkitkan semangat para pemuda saat itu untuk memberontak dan perang melawan penjajah. Oleh karena itu pada jaman penjajahan tarian ini tidak boleh di tampilkan. Tari khas aceh ini di tampilkan dengan diiringi dengan nyanyian penyanyi dan tanpa adanya alat musik yang mengiringi. Gerakan tangan penyayi berupa tepukan tengan di kepala pinggang dan dada serta hentakan kaki kaki penari malah membuat penari bersemangat. Bagi yang menyaksikan tarian ini bisa terbawa dengan alur crita tari yang di sajikan. Bila tarian bercerita tentang perang maka penonton akan terbawa untuk ikut berperang. Inilah penyababnya kenapa penjajah belanda sampai melarang tarian ini untuk di tampilkan.

    Tari ini sebenarnya merupakan akulturisasi budaya local dnegan agama islam. Tari ini sebenarnya sudah di bawakan oleh masyarakat aceh jauh sebelum agama islam masuk aceh. Nah Ada seorang ulama penyebar agama islam yang memperhatikan dan akhirnya merombak tarian ini dan akhirnya menamainya dengan sebutan tari seudeti. Adalah Shekh Tam yang memperbarui tarian tardisional ini dan menggunakanya untuk tujuan mulia yaitu tujuan syiar agama islam di aceh. Syekh Tam tinggal di desa Gingien simpang di Pidie.

    Pembaca yang budiman kami telah sajikan kepada anda ulasan singkat tentang tari seudati. Semoga apa saya sampaikan bisa membuat pengatahuan anda akan aneka tari tradisional indonesia menjadi meningkat ya.
     
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,627
    Likes Received:
    753
    Trophy Points:
    113
    Google+:
  3. lelafik

    lelafik Member

    Joined:
    Aug 12, 2013
    Messages:
    98
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Mohon user Hadi di hapus aja mas. Terima kasih mas
     
  4. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    568
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Terimakasih infonya.
    Tarian Aceh...
     
  5. rajautan

    rajautan Active Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    48
    Wah kebetulan saya dari Aceh,, trims infonya Den,,
     
Loading...

Share This Page