Telat Ganti Oli Motor? Nih 5 Bahaya yang Timbul!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 22, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    382
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kesalahan terbesar yang sering kita lakukan saat mengendarai motor adalah malas ganti oli mesin secara rutin. Selama tidak ada gangguan terjadi dan mesin masih bisa berjalan dengan baik, kita abai dan memilih menunggu. Padahal, kita tidak tahu seperti apa jeroan mesin kalau olinya sudah butuh ganti, kerusakan bisa saja terjadi.

    Oli mesin memiliki banyak manfaat dalam menunjang kerja dari mesin termasuk mendinginkannya kalau dipakai dalam jangka waktu lama. Kalau oli dibiarkan tidak diganti hingga beberapa bulan, beberapa hal berbahaya di bawah ini bisa Sobat Rider alami.


    1. Tarikan Jadi Kasar
    Oli mesin yang baik akan membuat gesekan di motor terjadi sangat minim dan kinerjanya bisa berjalan dengan lancar. Kalau oli sudah waktunya ganti dan Sobat Rider lupa atau malas menggantinya, gesekan akan terjadi cukup kuat. Gesekan ini akan membuat tarikan motor menjadi sangat kasar dan berbeda dari kondisi normal.

    Kalau mesin motor memiliki tarikan yang kasar dan kadang bunyi mesinnya jadi keras, segera ganti oli mesin tanpa perlu menunggu lagi. Kalau mesin yang kasar ini terus dibiarkan, kemungkinan terjadi kerusakan akan semakin besar. Bahkan, mogok dan mengalami masalah di jalan raya bukanlah hal yang mustahil.


    2. Komponen dalam Mesin Jadi Rusak
    [​IMG]
    Komponen mesin juga bisa saja rusak kalau oli jarang diganti

    Oli yang mencegah gesekan terlalu kuat bisa membuat kinerja mesin tetap optimal. Namun, kalau gesekan yang besar terjadi, bagian dalam dari mesin akan menjadi rusak perlahan-lahan. Kerusakan ini bisa diatasi kalau terjadi di beberapa bagian saja. Namun, kalau sudah semakin parah, kemungkinan terjadi turun mesin sangat besar dan biayanya akan lebih besar.

    Salah satu kasus mesin rusak yang dipicu oleh oli yang tidak juga diganti adalah terjebaknya piston di dalam pompa silinder. Kalau hal ini sampai terjadi, mesin tidak akan bisa digunakan dan harus diganti. Coba bayangkan kalau Sobat Rider sedang berada di jalan raya dan memacu motor dengan kecepatan tinggi lalu piston nyangkut, tentu akan sangat berbahaya. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page