Tembakau dalam Catatan Sejarah

Discussion in 'General Discussion' started by tiyo, Mar 9, 2016.

  1. tiyo

    tiyo Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    42
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Menurut sejumlah catatan, diketahui bahwa suku Maya di Meksiko, yang hidup diantara era 600 – 900 Masehi, telah mengunakan tembakau dalam aktifitas sehari-hari. Ini dibuktikan dari lukisan pada batu-batu peninggalan suku tersebut. Tembakau juga digunakan oleh suku asli Amerika (Native American) sebagai tujuan spiritual dan untuk kepentingan penyembuhan. Biasanya para kepala suku dan dukun adat menggunakan pipa tertentu untuk menghisap tembakau dalam ritual tersebut.

    Selanjutnya, mesin tembakau pertama kali diperkenalkan oleh James Bonsack di 1881. Era ini menandai berkembangnya produk olahan tembakau dengan skala besar. Produksi yang dihasilkan oleh mesin Bonsak bisa menghasilkan 120 ribu produk tembakau (sigaret) setiap harinya.

    Dikurun waktu sesudah itu, yakni diawal 1900’an perusahan tembakau modern mulai didirikan, diantaranya adalah The American Tobacco Company dan satu nama terkenal lainnya, yakni Philip Morris Company, dengan brand rokok Marlboro. Sampai dengan 1944, produksi rokok mencapai 300 miliar batang per tahun (Jacobs, M, From The First To The Lash Ash: The History, Economics, & Hazards of Tobacco, 2005).

    Dari perspektif ekonomi, produk olahan tembakau merupakan komoditas yang menghasilkan banyak keuntungan (profit). Ini bisa dilihat dari data statistik konsumen rokok. Pada 1998 saja, produksi rokok dalam skala global berada dikisaran 5.58 triliun batang.

    Seiring dengan semakin ketatnya peraturan tentang tembakau dan produk olahannya di negara maju, beberapa produsen rokok raksasa mengalihkan pemasaran produknya ke berbagai negara berkembang, mulai dari Meksiko, Brazil, kemudian menyeberang ke wilayah Eropa Timur, semenanjung Arab, serta Asia-Pasifik. Penelitian juga menyebutkan bahwa peningkatan konsumsi rokok tumbuh sangat pesat dikawasan Asia Tenggara, khususnya Malaysia, Indonesia, dan Vietnam.

    (Tembakau dalam Catatan Sejarah)
     
  2. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    tembakau mah gak ada matinya, apalagi kalok udah jadi rokok haha
     
Loading...

Share This Page