Tips Bagaimana Cara Mendapat Dan Menemukan Puluhan Ide Artikel Setiap Hari

Discussion in 'General Internet' started by Dewi Nadzifah, Nov 14, 2017 at 2:30 AM.

  1. Dewi Nadzifah

    Dewi Nadzifah New Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Menemukan Puluhan Ide Artikel - Bagi seorang blogger, menulis sebuah konten adalah keharusan biar blog tidak seperti rumah kosong yang ditinggal penghuninya. Tidak harus setiap hari juga, tapi setidaknya ada jadwal berkala untuk memperbarui artikel di blog. Entah itu satu minggu sekali, dua minggu sekali ataupun sebulan sekali.

    Tak ada seorang penulispun yang tiba-tiba menciptakan karya besar tanpa mendapat kegagalan terlebih dahulu. Mereka yang sukses, merupakan orang yang terus mengulang dan bekerja keras dengan memperbaiki kegagalannya menjadi sebuah karya besar.

    Menjadi seorang blogger juga sama, Akan banyak kegagalan diawal membuat blog, dari tidak ada pengunjung, mood menulis yang menurun, tidak ada ide menulis hingga akhirnya malas untuk merawat blog tersebut.

    Problem yang paling sering adalah kehilangan ide atau gagasan untuk membuat artikel. Menemukan ide menulis memang sedikit rumit apalagi blogger dengan spesifikasi personal blog. Secara logika, blog personal lebih mudah karena yang ditulis adalah perihal sehari-hari. Tapi pada kenyataanya, menulsi hal demikian juga tak semudah yang dikira, apalagi kalau kita baru belajar menulis.

    Persoalan menemukan ide selalu menjadi semacam misteri bagi blogger pemula. Mau menulis apa hari ini? Topik apa yang bisa dijadikan bahan artikel? Sudah menemukan judul yang pas, disaat mau mengerjakannya justru pikiran mulai buntu untuk mengeluarkan kata-kata.

    Tapi sebaiknya memang tidak usah dipaksakan juga, intinya kita sudah mendapatkan ide atau gagasan kecil itu saja sudah cukup. Biarkan beberapa hari disaat pikiran sudah mau untuk dipakai bercerita, disaat itulah kita akan lancar menulis dengan sendirinya.

    Nah perihal menemukan ide, saya ada beberapa Tip bagaimana cara mendapatkan dan menemukan ide artikel setiap hari. Yuk simak :

    1. Selalu Sediakan Tempat Mencatat
    [​IMG]

    Ide itu semacam jelangkung, datang tidak diundang dan perginya pun tidak perlu diantar. Kadang disaat enak-enaknya main sama anak, saya tiba-tiba menemukan ide artikel yang pas untuk di tulis. Karena sedang sibuk juga, akhirnya saya lanjutkan aktivitas. Setelah beberapa lama, ide artikel yang tadinya sudah ada dipikiran, tiba-tiba musnah begitu saja.

    Pernah mengalami hal serupa?

    Saya mengingat dengan sangat lama, tapi tetap saja ide itu tidak bisa saya ingat kembali. Nah untuk mengatasi hal tersebut, selalu sediakan catatan kecil untuk menulis ide yang tiba-tiba muncul dipikiran. Anda juga bisa gunakan note di gadget, Anda tulis point-point pentingnya dulu ataupun judulnya saja juga tidak masalah.

    Disaat sudah ada waktu senggang, barulah kita bisa mengexplore ide-ide yang kita sudah tulis di catatan kecil atau note di gadget. Kemudian di kembangkan menjadi sebuah artikel lengkap versi kita.

    2. Sering-seringlah Berpergian
    Banyak kok blogger yang membuat blognya tentang travel yang sangat menarik yang pernah mereka kunjungi sebelumnya. Dengan segala pengalamannya bepergian entah ke luar negeri, luar pulau, mereka mengambarkan perjalanannya dengan sangat jelas, terperinci dan menarik untuk dibaca.

    Bepergian merupakan cara mendapatkan ide yang paling mudah, kita bisa menceritakan pengalaman menarik saat liburan, dari kejadian aneh, kejadian mistis dan kejadian yang mengharukan sekalipun. Kita juga bisa meriview tentang wisata tujuan kita berlibur. Dan kita juga bisa membuat artikel tentang budaya dan adat ditempat itu.

    Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh juga kalau kita sendiri tak punya cukup budget untuk liburan ke luar kota maupun keluar negeri. Dalam kota sendiripun kita bisa mendapatkan ide tentang liburan yang menyenangkan. Seperti cerita tentang tempat ngopi favorit, tempat pertama kali kita bertemu pasangan, dan tempat yang memorable lainnya.

    Yang paling penting adalah foto-foto yang menarik dan hasil dari jepretan sendiri. Kata salah satu teman saya, Foto bisa menginspirasi dan bisa bercerita dengan sendirinya. Maksudnya, disaat kita mengabadikan foto disetiap perjalanan liburan, disitulah kita bisa mengenang dan menuliskan kembali kenangan tersebut dengan sangat mudah.

    3. Banyak-banyaklah Membaca Buku
    [​IMG]

    Jika ingin pandai menulis, maka banyak-banyaklah jadi pembaca. Selain dengan sering melatih menulis, membaca adalah salah satu cara untuk memperbanyak kosakata dan memperkaya gaya bahasa dalam tulisan yang akan kita buat.

    Terkadang ide itu muncul disaat kita menemukan kata atau qoute menarik dari sebuah buku. Saya sering membaca buku maupun majalah, ada beberapa artikel yang pada awalnya saya terinspirasi dari quote sebuah buku yang sedang saya baca. Kemudian dari qoute tersebut, saya membuat sebuah artikel yang intinya ada kata tersebut.

    Atau bisa juga dengan meriview sebuah buku. Banyak juga loh para blogger lain yang menuliskan ide artikelnya itu tentang riview sebuah buku. Tentu untuk riview buku, kita juga harus membaca isi dari buku itu juga kan.

    4. Perhatikan Setiap Detail Saat Menonton Film

    Menonton film juga merupakan cara mudah untuk mendapat ide sebuah postingan. Banyak blogger yang juga meriview Film selain meriview buku dan alat kometik. Saya sejak lama ingin sekali meriview film yang pernah saya tonton, tapi entah kenapa saya terhenti untuk menuliskan tentang ide itu.

    Kita juga bisa mengambil beberapa scene atau adegan menarik, kemudian kita bahas secara detail dengan sudut pandang kita. Bisa tentang motivasi maupun tentang sindiran kepada kalangan tertentu. Yang jelas, dengan menonton sebuah film atau drama, kita bisa mengambil banyak ide dari sana.

    5. Menemukan Ide di Sekitar Kita
    [​IMG]

    Jika kita seorang blogger personal yang kebanyakan postingannya berupa curhatan dan reminder untuk diri sendiri. Menemukan ide itu tidak perlu jauh-jauh hingga ke seberang pulau segala. Kita harus memanfaatkan lingkungan sekitar kita untuk mendapatkan ide sebuah artikel.

    Jadi, cobalah cari kembali disekitar kita, dari alam, kehidupan kita sehari-hari, siapa tau kita bisa menemukan banyak ide dari kehidupan sehari-hari kita.

    6. Banyak Berkomunikasi Dengan Orang Sekitar

    Tip lainnya adalah sering-seringlah berkomunikasi dengan orang sekitar kita. Terkadang saya sering loh mendapatkan ide setelah mendengarkan curhatan dari seseorang, ataupun secara langsung dari percakapan dengan para ibu-ibu yang sedang menunggu anaknya pulang sekolah seperti halnya saya.

    Memang percakapan dengan mereka terkadang tidak terlalu penting, dari obrolan tentang make up, pamer baju, sampai ngerasani seseorang. Saya yang pada dasarnya seorang introvert lebih banyak diam dan mendengarkan mereka. Tapi dari percakapan itu, saya sering mengabil banyak pelajaran berharga yang mungkin belum pernah saya jalani karena tidak mempunyai masalah seperti itu.

    7. Mengulas Kembali Pengalaman Masa Lalu

    Menulis yang baik itu selain dengan mengunakan nalar, juga mengunakan perasaan kita biar terlihat lebih menjiwai. Banyak penulis yang mengunakan semua emosinya untuk mengambarkan karakter yang mereka buat dalam sebuah novel. Terkadang juga ada yang mengambarkan karakter tersebut asli dari pengalamannya sendiri

    Kita juga perlu mengunakan perasaan saat menulis, apalagi kalau artikel yang kita buat berupa artikel curhatan yang tentunya juga melibatkan perasaan. Kita bisa menuliskan kembali perasaan masa lalu, entah itu pengalaman saat pertama kali jatuh cinta atau perasaan saat pertama kali di tembak seorang laki-laki ciye ciyeee..

    Seru loh membuat artikel yang melibatkan perasaan seperti itu, apalagi membicarakan tentang masa lalu. Saya kadang senyum-senyum sendiri kalau menulis tentang pengalaman masa lalu dulu apalagi yang berhubungan dengan hati dan cinta, eaaahh :D.

    8. Buka Wawasan Anda Di Media Sosial

    Jika masih belum menemukan ide dari berbagai cara di atas, coba deh cari solusi lain dengan mencari ide di media sosial.

    Di media sosial, kita bisa menemukan ide-ide yang menarik yang bisa kita ambil. Ide tersebut bisa dari sebuah status, sebuah gambar atau foto, sebuah tautan bahkan dari komentar-komentar yang tidak sengaja kita baca.

    Di Internet, semua yang kita butuhkan sudah tersedia, tinggal bagimana kita mencarinya dan bagaimana kita mengembangkannya sesuai dengan sudut pandang kita dan gaya berkreasi kita.

    9. Menulis Ulang Artikel Orang Lain Dengan Sudut Pandang Yang Berbeda
    [​IMG]

    Kalau masih saja buntu dan tidak menemukan sebuah ide artikel untuk dipublish, coba deh cari di google, atau baca-baca artikel teman blogger lainnya. Kita bisa mengunakan metode “mencuri judul atau ide dari blog orang lain”. Tapi tunggu dulu....

    Kita harus paham bahwa plagiat adalah perbuatan yang tidak dibenarkan. Jadi yang saya maksud dengan mencuri ide adalah dengan mengambil ide atau gagasan kemudian tidak serta merta copy-paste artikel blog yang bersangkutan. Tapi cobalah kembangkan ide itu dengan sudut pandang kita maupun mencoba dengan sudut pandang yang berbeda.

    Jika kita punya beberapa blog atau artikel yang menuliskan tentang tutorial atau tip blogging, biasanya ada pertanyaan yang masuk ke blog kita tentang pertanyaan baru via kolom komentar. Nah dari pertanyaan pembaca itulah kita bisa menemukan ide baru untuk dijadikan sebuah artikel.

    ***
    Demikianlah 10 Tips Bagaimana Cara Mendapat Dan Menemukan Puluhan Ide Artikel Setiap Hari. Yah semoga sedikit pengalaman saya itu bisa menjadi motivasi untuk tetap berkarya di dunia blogger ini. Yuk menulis lagi.
     
    Kecephotobooth likes this.
  2. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,085
    Likes Received:
    148
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sedikit koreksi, copywriting setau saya adalah menulis ads-copy bukan menyalin...
    Bagi yang main affiliate monggo... #CMIIW
     
  3. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    221
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    saya suka malas kalau baca-bca. liburn juga jarang ada waktu, paling lihat2 dulu referensi terus dikembangin deh :)
     
  4. Radika

    Radika Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kalau saya sih mencari inspirasi lewat situs-situs populer berbahasa inggris, kemudian saya tulis ulang dengan gaya bahasa (indonesia) sendiri tentunya...... *jail*
     
  5. davidrahman

    davidrahman Active Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    730
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    dari majalah biasanya saya mendapat ide untuk artikel blog.
     
  6. galang

    galang Well-Known Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    48
    Ide sih ada, cuma waktu nulisnya yang kadang gak ada wkw
     
  7. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    68
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    ide sih banyak waktu untuk menulis yang gak sempat
     
  8. Fahmi Alfarizi

    Fahmi Alfarizi Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    167
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
  9. Intan Wulandari

    Intan Wulandari Member

    Joined:
    Wednesday
    Messages:
    44
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bener tuh, kadang inspirasi datang sepele ko, yaitu rajin" deh keluar Rumah atau cari tahu di internet kira" yg populer dan bagus banyak yg search tentang apa
     
  10. Muhamad Nursidik

    Muhamad Nursidik New Member

    Joined:
    Jun 5, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  11. Burhan Abdillah

    Burhan Abdillah Active Member

    Joined:
    Jan 25, 2017
    Messages:
    368
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    semisal update aritkel lama menjadi artikel baru lebih bagus itu masih termasuk memperbarui artikel di blog, mbk?
     
  12. w1s2t3

    w1s2t3 Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    106
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    betul copas tapi tidak harus persih, diusahakan katakatanya tidak sama tapi artinya sama. Sepertinya begitu gan maksudnya
     
  13. w1s2t3

    w1s2t3 Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    106
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    sepertinya malas memang penyakit para blogger ya, mungkin kalau duit udah habis gak malas posting gan
     
  14. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,085
    Likes Received:
    148
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    No. Bukan itu maksud saya...

    Copywriting itu mbuat tulisan yang isinya jualan/menawarkan produk dan/atau jasa.
    Jika Anda pemain afiliasi akan tau maksud saya. :D

    Kalau yang aden sebutin itu istilahnya rewrite artikel...
     
  15. defialvia

    defialvia Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    68
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    tergantung mood, kalau sedang on, bikin 10 artikel gampang banget
     
  16. Firmanz

    Firmanz Member

    Joined:
    Aug 24, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    aku malahan banyak waktu,tapi ide gak ada :(
     
    Dewi Nadzifah likes this.
  17. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,777
    Likes Received:
    113
    Trophy Points:
    63
    Google+:
  18. bakoel

    bakoel New Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  19. im_septian045

    im_septian045 Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    55
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    klo blog gado" ide mah banyak
    tpi klo konsisten satu tema agak sulit *belajar*
     
    Dewi Nadzifah likes this.
  20. Lombok Wander

    Lombok Wander Member

    Joined:
    Aug 19, 2015
    Messages:
    93
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Google+:
Loading...

Share This Page