Tips Mencari Asuransi Mobil Untuk Perlindungan Dari Bencana Banjir

Discussion in 'Otomotif' started by Samuel Samuel93, Nov 3, 2017.

  1. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Banjir di Jakarta (sumber: shutterstock.com)​


    Banjir memang menjadi sebuah bencana alam yang tak bisa dihindari di Indonesia. Baik itu di kota besar hingga di daerah sekalipun, banjir menjadi sebuah bencana yang nyaris selalu terjadi ketika musim hujan seperti pada bulan-bulan dimana musim hujan sudah bersiap untuk segera datang. Bencana banjir seakan sudah siap mengintai untuk terjadi.


    Sudah bukan rahasia lagi mengenai banyaknya kerugian yang bisa terjadi pada Anda pada bencana banjir ini. Tak hanya bahaya dari segi kesehatan dengan banyaknya masalah penyakit yang terjadi pada musim hujan dan banjir. Namun juga pada kendaraan. Ada sederet bahaya yang seakan siap mengintai kendaraan ketika banjir. Kerusakan karena banjir menjadi salah satunya.


    Selain itu, bahaya yang lebih besar juga siap menunggu ketika banjir datang dan kendaraan Anda mengalami kerusakan total karena banjir. Waduh! Untuk saat-saat seperti inilah, mempersiapkan asuransi yang memberikan perlindungan sepenuhnya pada bencana alam seperti banjir menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan. Tapi, asuransi kendaraan seperti apa yang cocok untuk perlindungan kendaraan dari banjir ini sendiri?


    Ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa dipertimbangkan untuk perlindungan kendaraan dari bencana alam banjir ini. Di bawah ini merupakan penjelasan untuk kedua jenis asuransi kendaraan yang bisa mengamankan mobil Anda ketika terjadi bencana alam banjir tersebut.


    1. Asuransi All Risk


    Sudah bukan satu rahasia lagi bahwa jenis asuransi ini merupakan asuransi terbaik untuk mobil Anda. Setidaknya, terbaik bila Anda membutuhkan asuransi mobil yang akan menanggung semua jenis kerusakan yang terjadi pada mobil. Kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil dan bisa ditanggung oleh asuransi All Risk ini pun mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan besar. Mulai dari baret ringan, hingga turun mesin karena banjir. Sudah pasti jadi pilihan perlindungan terbaik untuk mobil Anda bukan? Terutama kembali lagi, bila Anda khusus mencari perlindungan untuk mengamankan mobil dari banjir.


    Namun satu kekurangan asuransi All Risk mengenai pengamanan mobil pada banjir. Asuransi ini tak menanggung kerusakan total pada mobil karena bencana alam. Jadi katakan saja bila mobil Anda hilang terseret arus ketika banjir, asuransi tak akan memberikan pertanggungan apa-apa. Begitu juga bila misalnya mobil rusak total karena banjir, hingga tak bisa diperbaiki. Asuransi All Risk akan sepenuhnya lepas tangan dari penanggungan risiko pada mobil Anda. Pilih juga asuransi mobil dari perusahaan-perusahaan yang terpercaya seperti asuransi All Risk ACA, Garda Oto, atau Simasnet.


    2. Asuransi TLO


    Asuransi jenis kedua ini lebih jarang digunakan untuk perlindungan kendaraan. Padahal di balik kekurangannya, asuransi jenis ini justru memiliki kelebihan tersendiri. Salah satu kelebihannya, bila mobil Anda rusak total karena banjir maka asuransi Total Loss Only ini akan memberikan ganti mobil baru. Begitupun bila misalnya mobil Anda hilang terseret banjir besar misalnya, maka asuransi TLO atau Total Loss Only akan mengganti kehilangan mobil ini sesuai dengan nilai yang sudah disepakati sebelumnya.


    Di sisi lain, jenis asuransi ini justru tak akan melayani klaim untuk kerusakan ringan yang terjadi pada mobil. Meskipun itu dikarenakan bencana alam seperti banjir. Asuransi ini memang hanya akan menangani klaim untuk kerusakan dan kehilangan total yang dialami oleh mobil. Bukan untuk sebaliknya.


    Nah setelah mengetahui dua tipe asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih untuk melindungi mobil dari banjir di atas, ada beberapa tips untuk memilih mana asuransi yang tepat untuk Anda dan kendaraan.


    1. Perhatikan polis


    Polis asuransi biasanya memberikan keterangan lengkap untuk apa saja yang akan ditanggung oleh perusahaan pada klaim nantinya. Baik itu karena bencana alam maupun tidak. Sebelum membeli sebuah asuransi untuk kendaraan pastikan dulu polis yang Anda beli nantinya akan memberikan pelindungan yang dibutuhkan oleh mobil dari banjir.


    2. Pilih asuransi khusus bencana alam


    Bila dua pilihan asuransi di atas rasanya tetap tak memberikan perlindungan yang Anda inginkan, tak ada salahnya untuk mencari asuransi kendaraan yang lain seperti asuransi khusus untuk bencana alam. Asuransi untuk bencana alam ini biasanya lebih menyeluruh dan memberikan perlindungan sesuai dengan yang dibutuhkan kendaraan dari ancaman bencana alam.


    Saat ini Anda sudah pasti jelas untuk memilih asuransi apa jelang terjadinya musim hujan dan ancaman bencana banjir ini bukan? Pilih asuransi yang tepat untuk kendaraan kesayangan Anda ya!
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,522
    Likes Received:
    116
    Trophy Points:
    63
    Yang punya mobil perlu membaca ini artikel supaya bisa memilih asuransi apa yang akan dipake untuk mobilnya., kalau ane hanya masih pake motor belum mikir asuransi
     
  3. AyuRahmawati

    AyuRahmawati Member

    Joined:
    Nov 2, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Kayanya lebih nyaman dan Tenang sih lebih baik pilih yg All risk aja ya, tapi dipilih lah Jasa Asuransi Terpercaya yg terbukti MAU MEMBAYAR, jangan Mau hanya Menerima uang polis / angsuran kita saja
     
    Sifanurfadilah likes this.
  4. Sifanurfadilah

    Sifanurfadilah Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Tapi All Risk itu preminya paling mahal ya mba Ayu, tapi kitanya emang lebih nyaman sih
     
  5. jagain

    jagain New Member

    Joined:
    Jul 3, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kendaran bermotor seperti mobil memang memerlukan asuransi, apalagi ketika bencana banjir datang, maka penting sekali mengasuransikan mobil, tips diatas sangat membantu saya sekali bagaimana memilih perusahaan asuransi mobil yang baik. Terima kasih.
     
Loading...

Share This Page