Tips Mencuci Motor Agar Tetap Kinclong Maksimal Banget

Discussion in 'Otomotif' started by Galih Pradipta, Nov 13, 2018.

  1. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Jangan hanya dapat membeli dan menggunakan sepeda motor, tapi pun harus pintar merawat supaya kualitas sepeda motor tetap terjaga. Selama ini dalam mengasuh motor kita barangkali lebih konsentrasi pada unsur mesin saja, sebab memang merupakan urusan itu paling urgen dalam suatu kendaraan. Namun, mulai kini tidak terdapat salahnya kita menambah perawatan dengan teknik menjaga kualitas warna cat supaya motor dapat selalu tampak baru dan bersih.

    [​IMG]

    Berdasarkan keterangan dari para pengelola bengkel motor, ada sejumlah faktor penyebab pudarnya warna cat motor, diantaranya terpapar langsung sinar matahari dan seringnya memakai sabun berdeterjen saat mencuci motor. Sinar matahari yang langsung tentang motor bakal mempercepat kehancuran warna bodi, sampai terlihat kusam. Sementar deterjen (sabun colek atau sabun cuci) berisi bahan kimia yang bisa mempercepat kehancuran cat motor.

    Kedua hal penyebab kehancuran warna cat itu perlu dihindari supaya penampilan motor anda senantiasa tampak bersih dan licin. Berikut sejumlah tips yang butuh kita simaklah dalam mengasuh warna cat motor:

    Hindari parkir di bawah terik matahari
    Sebaiknya anda memarkir motor di dalam ruangan, atau andai terpaksa mesti memarkir di ruang terbuka, anda memilih lokasi yang terdapat atapnya supaya sinar matahari tidak langsung tentang motor. Juga butuh dihindari dari angin, sebab debu yang bercampur panas terik matahari bisa mempercepat kehancuran lapisan pelindung cat/airbrush motor, sampai-sampai warna motor bisa menjadi kusam.

    Jangan membasuh motor dengan sabun.
    Sabun colek berisi zat kimia yang memiliki sifat kasar yang bisa menggores cat di permukaan bodi dan merusak cat motor. Gunakan shampo eksklusif untuk membasuh motor. Shampo eksklusif motor gampang didapat di istanacarwash.com dengan harga yang relatif terjangkau. Saat membasuh motor pakai spons lembut atau lap chamois supaya terhindar dari goresan.

    Hindari air hujan
    Air dengan tingkat keasaman tinggi bisa merusak warna cat motor kita. Air hujan berisi tingkat keasaman yang termasuk tinggi, sampai-sampai akan bisa mempercepat proses memudarnya warna cat. Bahkan, air hujan juga dapat mempercepat proses korosi pada unsur logam, laksana pada mesin.

    Apabila terlanjut kena air hujan, usahakan anda cepat-cepat mencucinya dengan air bersih supaya warna cat motor tetap terjaga dan awet.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,759
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Kalau ane nyuci motor biasanya pake cairan khusus untuk nyuci motor bukan sabun
    tapi kalau lagi gak punya cuma pake air doang sih, kemarin adik beli alat cuci motor untuk semprot dengan menggunakan aki kecil 12 volt
     
  3. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    tapi kallo kotornya parah mending dicuci bersih pake air gan, baru pemolesan dg cairan kusus agar lebih kinclong. sebenarnya untuk semprotan air itu relatif juga gan, tergantung tingkat kotorannya yg menempel, karena kalo kotornya ringan disemprot dengan tekanan yg ringan juga bisa bersih dg maksmal. asal diimbangi dengan cara yg baik dan benar, gak asal semprot.
     
    blackking likes this.
Loading...

Share This Page