Yuk Kenali Cara Aman Menggunakan Genset

Discussion in 'General Business' started by Dede Kusrianto, Feb 6, 2018.

  1. Dede Kusrianto

    Dede Kusrianto New Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Genset atau generator set dapat memberikan manfaat yang besar yaitu sebagai sumber energi listrik ketika di rumah Anda mengalami pemadaman listrik. Dibalik manfaat dan penggunaannya bukanlah tanpa risiko, terutama pada sisi keamanan saat genset digunakan. Jika salah dalam penggunaannya, maka bisa dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan peralatan listrik, kebakaran hingga menyebabkan kematian bagi orang yang mengoperasikannya.

    Jika Anda baru saja berniat untuk menggunakan genset di rumah atau pun tempat lainnya, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa pengetahuan dalam pengoperasian genset agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. Berikut beberapa cara aman menggunakan genset yang patut Anda lakukan:

    Menempatkan Genset di Luar Rumah
    Ada baiknya jika Anda menempatkan genset di lokasi yang cukup jauh dari rumah Anda apalagi jika genset yang di gunakan bertipe open dan pastikan gas karbon monoksida tidak masuk ke dalam rumah. Hidupkan genset di bawah kanopi yang terbuka.

    Melakukan Pemeriksaan Bahan Bakar Secara Berkala
    Tahap awal yang perlu Anda lakukan sebelum menyalakan genset adalah memeriksa ketersediaan bahan bakarnya terlebih dahulu. Untuk jenis portable genset, sebaiknya gunakan bahan bakar premium dan isi secukupnya lalu cek secara perkala indikator genset. Jangan lupa ketika ingin mengisi bahan bakar, pastikan genset dalam keadaan mati.

    Periksa Pelumas Mesin Secara Berkala
    Pastikan oli atau pelumas mesin terisi penuh. Pelumas ini sangat penting untuk mencegah mesin atau mengurangi kehausan pada mesin yang disebabkan oleh gesekan secara langsung antara permukaan logam yang bergerak secara terus-menerus selama genset dihidupkan.

    Pemutus Aliran Listrik Dapat Dijangkau
    Pastikan pemutus aliran listrik dapat Anda jangkau dengan mudah. Hal ini bermanfaat jika terjadi korsleting listrik, kebakaran atau hal-hal lain yang tidak diinginkan terjadi pada genset. Anda dapat dengan mudah memutus aliran tersebut sebelum hal-hal yang tidak diinginkan.

    Itulah beberapa cara aman menggunakan genset yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Pastikan jika Anda juga sudah membaca buku panduan manual untuk menggunakan genset pada saat pembelian. Mengingat Harga genset yang cukup mahal anda harus bertanya sejelas mungkin sebelum membeli genset. Biasanya juga distributor genset tidak segan menjelaskan cara kerja genset sebelum teransaksi jual genset dilaksanakan.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    840
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau untuk keperluan Rumahan, agar tidak panik saat mati lampu itu paling murah kisaran berapa ya kira"?
     
  3. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    489
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    genset kalau di wilayah jabodetabek antara perlu atau gak sih karena mati lampu jarang dan paling lama selama 5 tahun disini (jakarta), cuma 30 menit
     
  4. Glenn

    Glenn New Member

    Joined:
    Dec 25, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Generator memang cocok buat kamu yang ingin pakai tenaga listrik secara mandiri. Tapi kamu bisa juga pakai pembangkit tenaga surya.
     
  5. justin

    justin Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    79
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Genset mesin honda menurutku paling bandeL. Cara perawatan yang baik tentu bikin tambah untung supaya gak sering ganti kerena kerusakan
     
  6. gtrac

    gtrac New Member

    Joined:
    Apr 23, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    mesin genset saat ini menjadi barang penting, tidak heran spare part nya mulai rame yang jual.
     
  7. Arief Ghozaly

    Arief Ghozaly New Member

    Joined:
    Apr 24, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Gue punya dan gak pernah gue rawat
    Mati listrik, panasin 5 menit langsung nyalain starter ON

    Oh damn...
    *akhirnya**akhirnya**akhirnya*
     
  8. Rinto85

    Rinto85 Member

    Joined:
    Mar 20, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Penggunaan genset memang bisa dijadikan alternatif jika listrik padam, namun penggunaan genset yang baik memang harus diketahui, tentunya agar kita aman genset kita juga aman. Rawat genset Anda seperti komponen trafonya. Sebab manfaat trafo sebagai penyesuai atau perubah arus bolaik balik memang sangat penting pada genset.
     
Loading...

Share This Page