Bencana Paling Menggemparkan Peradaban Manusia

Discussion in 'General Discussion' started by paxspot, Apr 18, 2014.

  1. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Berikut adalah daftar bencana-bencana mengerikan yang menggemparkan dunia karena memakan korban jumlah dan skala yang besar.

    1. Tenggelamnya kapal Titanic
    [​IMG]
    Tenggelamnya RMS Titanic terjadi pada malam 14 April sampai pagi 15 April 1912 di Samudra Atlantik Utara, empat hari setelah berangkat dari Southampton dalam pelayaran perdananya menuju New York City. Kapal super terbesar yang beroperasi pada masa itu, Titanic, mengangkut sekitar 2.224 orang ketika menabrak gunung es pada pukul 23:40 (waktu kapal[a]) pada hari Minggu, 14 April 1912. Kapal ini tenggelam dua jam empat puluh menit kemudian pada pukul 02:20 hari Minggu, 15 April (05:18 GMT) dan mengakibatkan kematian lebih dari 1.500 penumpangnya. Tenggelamnya RMS Titanic adalah salah satu bencana maritim masa damai mematikan sepanjang sejarah.

    2. Meledaknya pesawat luar angkasa Challenger
    [​IMG]
    Bencana Pesawat Ulang-Alik Challenger terjadi pada Selasa, 28 Januari 1986, ketika Space Shuttle Challenger meledak 73 detik setelah diluncurkan, menyebabkan kematian tujuh awak astronot.pesawat hancur di atas Samudera Atlantik , lepas pantai pusat Florida pada 11:38 EST (16:38 UTC ). Disintegrasi seluruh pesawat mulai setelah segel cincin-O di kanan solid rocket booster (SRB) gagal dilepas. Satu dari dua roket pendorong miring dan menggores badan pesawat seketika timbul percikan api disusul meledaknya pesawat.
    Kompartemen awak dan banyak fragmen kendaraan lain akhirnya ditemukan dari dasar laut setelah pencarian panjang dan operasi pemulihan. Meskipun waktu yang tepat dari kematian kru tidak diketahui, anggota kru beberapa diketahui telah selamat dari kecelakaan pesawat ruang angkasa.Namun, pesawat tidak punya sistem melarikan diri dan para astronot tidak bertahan dari kompartemen awak di permukaan laut.

    3. Tumpahnya minyak Ixtoc
    [​IMG]
    Dari bencana tumpahan minyak di dunia inilah bencana tumpah nya minyak yang paling parah kedua setelah gulf war oil spill. Pada tanggal 3 Juni 1979 ketika minyak Ixtoc meledak, mengeluarkan lebih dari 140 juta galon atau sama dengan 454,000 ton minyak ke Teluk Campeche Ciudad del Carmen, Meksiko. Minyak terus keluar dari sumur ke Teluk Meksiko sampai Maret 1980, sampai akhirnya sumur ditutup.

    4. Chernobyl
    [​IMG]
    Chernobyl adalah sebuah kota tak berpenghuni di Ukraina utara, tepatnya di Oblast Kiev dekat dengan perbatasan Belarusia.
    Kota ini ditinggalkan penghuninya tahun 1986 setelah bencana ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terkenal sebagai Bencana Chernobyl yang terletak 14,5 km utara-barat laut. Pembangkit tersebut dinamakan sesuai dengan nama kotanya, dan terletak di Chernobyl Raion (distrik), tetapi bukan merupakan tempat tinggal bagi pekerjanya. Pada saat pembangunan pembangkit tersebut, sebuah kota kembar, Prypiat dibangun didekatnya untuk para pekerjanya.
    Chernobyl terletak di koordinat 51°38?LU 30°11?BT Sekarang kota ini masih berpenghuni walau hanya sedikit. Tingkat radiasi di kota ini masih dalam keadaan kritis, yaitu pada 5,6 roentgen per second (R/s) (0.056 Grays per second, atau Gy/s).

    5. Peristiwa Black Death
    [​IMG]
    Black Death, disebut juga Wabah Hitam, adalah suatu pandemi hebat yang pertama kali melanda Eropa pada pertengahan hingga akhir abad ke-14 (1347 – 1351) dan membunuh sepertiga hingga dua pertiga populasi Eropa. Pada saat yang hampir bersamaan, terjadi pula epidemi pada sebagian besar Asia dan Timur Tengah, yang menunjukkan bahwa peristiwa di Eropa sebenarnya merupakan bagian dari pandemi multi-regional. Jika termasuk Timur Tengah, India, dan Tiongkok, Maut Hitam telah merenggut sedikitnya 75 juta nyawa. Penyakit yang sama diduga kembali melanda Eropa pada setiap generasi dengan perbedaan intensitas dan tingkat fatalitas yang berbeda hingga dasawarsa 1700-an. Beberapa wabah penting yang muncul kemudian antara lain Wabah Italia (1629 – 1631), Wabah Besar London (1665 – 1666), Wabah Besar Wina (1679), Wabah Besar Marseille (1720 – 1722), serta wabah pada tahun 1771 di Moskwa. Penyakit ini berhasil dimusnahkan di Eropa pada awal abad ke-19, tapi masih berlanjut pada bagian lain dunia (Afrika Tengah dan Oriental, Madagaskar, Asia, beberapa bagian Amerika Selatan).
    Maut Hitam menimbulkan akibat drastis terhadap populasi Eropa, serta mengubah struktur sosial Eropa. Wabah ini memberi pukulan serius terhadap Gereja Katolik Roma, institusi keagamaan paling berpengaruh pada saat itu, serta mengakibatkan perburuan dan pembunuhan terhadap kaum minoritas seperti Yahudi, Muslim, pendatang, pengemis, serta penderita lepra. Ketidakpastian untuk tetap bertahan hidup menciptakan suatu kecenderungan yang tak sehat pada masyarakat untuk hidup hanya untuk hari ini, seperti digambarkan oleh Giovanni Boccaccio pada The Decameron (1353).

    6. Kebakaran besar London 1966
    [​IMG]
    Kebakaran pada tahun 1666 ini merupakan salah satu musibah terbesar dalam sejarah kota London, dan mengakhiri Wabah Besar London – suatu wabah yang telah merengut mungkin ratusan ribu jiwa. Kebakaran ini dianggap telah mengakhiri wabah tersebut dengan membunuh tikus pembawa penyakit tersebut. Anggapan ini diragukan karena kebakaran terjadi pada wilayah niaga dan kawasan perumahan dan tidak menjalar hingga kawasan kumuh, tempat hidup tikus pembawa penyakit. Kebakaran ini menghancurkan 13.200 rumah, 87 gereja paroki, 6 kapel, dan banyak tempat penting di London, termasuk juga Katedral St Paul. Sekitar 100.000 orang, atau seperenam penduduk London saat itu, kehilangan tempat tinggal karena peristiwa ini.

    7. Bom Hiroshima & Nagasaki
    [​IMG]
    Pengeboman atom Hiroshima dan Nagasaki adalah serangan nuklir selama Perang Dunia II terhadap kekaisaran Jepang oleh Amerika Serikat atas perintah Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman. Setelah enam bulan pengeboman 67 kota di Jepang lainnya, senjata nuklir “Little Boy” dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, diikuti dengan pada tanggal 9 Agustus 1945, dijatuhkan bom nuklir “Fat Man” di atas Nagasaki. Kedua tanggal tersebut adalah satu-satunya serangan nuklir yang pernah terjadi. Bom ini membunuh sebanyak 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki pada akhir tahun 1945. Sejak itu, ribuan telah tewas akibat luka atau sakit yang berhubungan dengan radiasi yang dikeluarkan oleh bom.Pada kedua kota, mayoritas yang tewas adalah penduduk. Enam bulan setelah dijatuhkannya bom di Nagasaki, pada 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, menandatangani instrumen menyerah pada tanggal 2 September, yang secara resmi mengakhiri Perang Pasifik dan Perang Dunia II. (Jerman sudah menandatangani menyerah pada tanggal 7 Mei 1945, mengakhiri teater Eropa.) Pengeboman ini membuat Jepang sesudah perang mengadopsi Three Non-Nuclear Principles, melarang negara itu memiliki senjata nuklir.

    Sumber Sumber


     
  2. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    sebenarnya masih banyak

    sebenarnya masih banyak bencana yang menggemparkan tapi belum termuat disini. *jail*
     
  3. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    pram wrote:

    ini bencana yang lebih banyak disebabkan oleh faktor manusia bro, bukan faktor alam.. mungkin dikesempatan lainnya... *berkeringat*
     
  4. Fahmi

    Fahmi Newbie

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    1,719
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ngeri lihat Chernobyl -- kota

    Ngeri lihat Chernobyl -- kota mati itu, penasaran googling wuih serem serem fotonya yah *dingin*
     
  5. bontilicious

    bontilicious Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    39
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Kalo peristiwa-peristiwa itu

    Kalo peristiwa-peristiwa itu udah terjadi, lalu gimana dengan yang akan terjadi gan?. Menurut beberapa sumber yang bisa dipercaya, ada beberapa bencana di masa depan yang disebabkan oleh 2 benda asteroid yang masing2 bakalan menghantam bumi dalam rentang waktu 13 tahun yaitu pada tahun 2019 dan tahun 2032.

    yang paling menakutkan adalah asteroid 2002 NT7 yang "dijadwalkan" hadir pada tanggal 1 februari 2019. Bahkan NASA sudah membahas mengenai ancaman ini. Eh, ada 1 buah domain yang juga bahkan udah menggunakan nama dari asteroid ini. Isinya kira-kira kayak gini.

    sumber: http://www.february12019.com/

    Meskipun kata NASA asteroid ini termasuk kategori Low-Probability of Earth Impact (Kecil kemungkinannya) tapi tentu kita juga harus tetap waspada.

    Sumber: http://neo.jpl.nasa.gov/news/news132.html

    Sumber

    Sebagai manusia tentunya kita hanya bisa berdoa, berusaha dan berharap semoga bencana ini ga akan benar2 terjadi gan.
     
  6. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    bontilicious wrote:

    iya mas, kalau soal asteroid, saya rasa kita sebagai manusia cuma bisa berdoa, karena cerita aslinya pasti tidak seperti film Armageddon-nya Bruce Willis
     
  7. diva

    diva New Member

    Joined:
    Jan 13, 2014
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Iya juga ya,kok lapindo gak

    Iya juga ya,kok lapindo gak termasuk bencana mengemparkan
     
  8. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    mebeljepara wrote:

    yg seharusnya bertanggung jawab malah tenang2 aja tuh ikutan capres gan.. *dingin* gk kebayang deh kalo dia yg terpilih
     
  9. misterius

    misterius Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    267
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    tsunami gak masuk? gempa?

    tsunami gak masuk? gempa? gunung api?
     
  10. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    misterius wrote:

    ini daftar bencana yang disebabkan oleh manusia bro, bukan alam bro
     
  11. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Fahmi wrote:

    iya, ngeri bgt, sdh 28 tahun radiasinya masih tetap ada....
     
  12. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,243
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Ada lagi satu bencana yang

    Ada lagi satu bencana yang melanda di Indonesia, yaitu terlahirnya Farhat Abbas bro.
     
  13. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    D-dig wrote:

    dia sih mukanya nya aja udah bencana bro...
    gaya dan kelakuan musibah...
    gak layak lah jadi manusia... malah pengen jadi presiden... *tinju*
     
  14. RisalFajar

    RisalFajar Member

    Joined:
    Apr 3, 2014
    Messages:
    118
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  15. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    D-dig wrote:

    wkwkwkkwkwkwkwk.... bencana nasional.... bikin malu saja manusia yg satu ini....
     
Loading...

Share This Page