Bisnis Game Microsoft Salip Penjualan OS Windows

Updated 03 Juli 2024 Tim Bersosial.com Games

Microsoft Gaming

Microsoft telah mencatatkan pertumbuhan pemasukan yang signifikan pada laporan keuangan kuartal kedua tahun fiskal 2024. Pemasukan mereka mencapai USD 62 miliar, naik 18% dari periode sebelumnya, sementara pemasukan bersih mencapai USD 21,9 miliar, meningkat 33%.

Pemasukan Utama dan Perubahan Kontribusi

Meskipun pemasukan terbesar masih berasal dari divisi Office dan cloud, terdapat pergeseran dalam kontribusi pemasukan perusahaan. Didukung oleh akuisisi terbaru mereka, yaitu Activision Blizzard, bisnis game Microsoft kini menjadi penghasil pemasukan terbesar ketiga, menyalip posisi Windows dalam hierarki tersebut.

Menurut laporan dari The Verge, kontribusi segmen Gaming Microsoft mencapai USD 7,11 miliar, sementara pemasukan dari Windows sebesar USD 5,26 miliar. Meskipun masih jauh dari pemasukan Office dan cloud, hal ini menandakan dampak signifikan dari perubahan struktur bisnis Microsoft setelah akuisisi Activision Blizzard.

Dominasi Pemasukan dari Office dan Cloud

Pemasukan Microsoft tetap didominasi oleh divisi Office dan cloud, yang masing-masing menyumbang USD 13,47 miliar dan USD 23,95 miliar dalam laporan keuangan tersebut. Kedua divisi tersebut menyumbang hampir 60% dari total pemasukan perusahaan.

Meskipun divisi Office dan cloud terus mengalami pertumbuhan yang solid, pergeseran kontribusi pemasukan dari divisi Gaming Microsoft menunjukkan strategi diversifikasi yang ambisius dari Microsoft dalam merespons perubahan industri teknologi.

Tantangan dalam Bisnis Perangkat Microsoft

Meskipun telah merilis beberapa produk baru seperti Surface Laptop Studio 2, Surface Laptop Go 3, dan Surface Go 4 pada akhir tahun 2023, pemasukan dari segmen perangkat kembali menurun.

CEO Microsoft, Satya Nadella, sebelumnya telah mengindikasikan bahwa pasar PC telah pulih setelah pandemi, namun penurunan pemasukan dari bisnis Surface pada kuartal-kuartal terakhir menunjukkan bahwa masih ada kendala yang dihadapi di segmen ini.

Dengan kondisi pasar yang terus berubah dan persaingan yang semakin ketat, Microsoft terus melakukan langkah-langkah strategis untuk menjaga pertumbuhan dan inovasi di berbagai divisi bisnisnya.

Melalui akuisisi seperti Activision Blizzard dan terobosan inovatif dalam divisi Office, cloud, dan gaming, Microsoft terus beradaptasi untuk tetap relevan dalam dunia teknologi yang dinamis.

Published: 03 Juli 2024
Tags:

Related articles