HarmonyOS NEXT: Sistem Operasi Terbaru dari Huawei

Updated 03 Juli 2024 Tim Bersosial.com Tech

HarmonyOS NEXT

Huawei telah resmi meluncurkan HarmonyOS NEXT, sebuah versi terbaru dari sistem operasinya. Pengumuman ini dilakukan dalam konferensi pengembang tahunan Huawei, HDC 2024. HarmonyOS NEXT merupakan kelanjutan dari pengembangan sistem operasi HarmonyOS yang sebelumnya dikenal dengan nama Hongmeng.

Menurut Huawei, HarmonyOS NEXT sepenuhnya membuang kernel Linux dan basis kode Android Open Source Project (AOSP), serta mendukung arsitektur yang independen. Perubahan ini membawa peningkatan signifikan dalam kinerja mesin dan efisiensi konsumsi daya.

Fitur Utama HarmonyOS NEXT

Salah satu fitur utama dari HarmonyOS NEXT adalah kemampuannya untuk menjembatani kesenjangan antara berbagai perangkat. Huawei menciptakan sistem yang memudahkan pengembang untuk menciptakan satu versi aplikasi yang dapat memberikan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai ukuran layar dalam ekosistem Huawei.

Menurut Gizmochina, HarmonyOS NEXT juga menawarkan fitur "Kelanjutan Aplikasi" yang memungkinkan transfer data dan pengalaman pengguna yang mulus antara perangkat. Misalnya, memulai panggilan video di tablet dan melanjutkannya di ponsel dengan mudah.

Integrasi Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI)

Salah satu poin penting dari HarmonyOS NEXT adalah integrasinya dengan kecerdasan buatan (AI) yang disebut "Harmony Intelligence." Fitur ini membawa berbagai kemungkinan baru, seperti pembuatan gambar AIGC, perbaikan suara AI, serta fitur "Xiaoyi Melihat Dunia" untuk pengguna tunanetra.

Integrasi kecerdasan buatan ini memungkinkan penggunaan AI langsung dalam sistem untuk beragam fitur yang bermanfaat, seperti kontrol yang didukung AI, peningkatan asisten virtual Huawei, Xiaoyi, dan lain sebagainya.

Keamanan Data Pengguna

Huawei selalu menempatkan keamanan sebagai prioritas utama, dan hal ini juga tercermin dalam HarmonyOS NEXT. Sistem operasi ini memperkenalkan arsitektur keamanan baru bernama Star Shield, yang dirancang untuk melindungi data pengguna dengan ketat.

Beberapa langkah keamanan yang diterapkan HarmonyOS NEXT meliputi pemeriksaan aplikasi yang ketat, enkripsi data multi-perangkat, enkripsi tingkat perangkat keras, dan kontrol izin untuk mengurangi risiko privasi pengguna.

Tahapan Pengembangan

HarmonyOS NEXT masih dalam tahap pengembangan, dengan peluncuran komersial yang direncanakan pada kuartal keempat tahun 2024. Saat ini, sistem ini sedang menjalani pengujian beta, dan Huawei aktif mencari pengembang dan pengguna awal untuk memberikan umpan balik guna memperbaiki sistem.

Dengan berbagai fitur inovatif dan fokus yang kuat pada keamanan dan integrasi kecerdasan buatan, HarmonyOS NEXT menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan aman di berbagai perangkat Huawei.

Mari kita tunggu dan lihat bagaimana perkembangan HarmonyOS NEXT dari Huawei ini.

Published: 24 Juni 2024
Tags:

Related articles