Curhat Colongan [CURCOL] Pengalaman Daftar Google Adsense

Discussion in 'Online Business' started by PadrePio, Jan 29, 2017.

Tags:
  1. PadrePio

    PadrePio Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Di tengah banyaknya program periklanan yang beredar di internet, entah kenapa Google AdSense tetap menjadi daya pikat tersendiri bagi sebagian besar pegiat blog. Memiliki akun AdSense seolah menjadi salah satu goal wajib bagi mereka, tentunya diantara goal-goal hebat lainnya :D
    Fenomena semacam itu juga berlaku pada saya. Terus terang saya sangat terobsesi dengan Google AdSense, walau pemahaman saya mengenai AdSense masih sangat minim, namun justru itulah saya menjadi semakin penasaran. Saya pribadi masih berpendapat bahwa AdSense masih menjadi program periklanan terbaik. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang (sedikit) pengalaman saya dalam mendaftar Google AdSense.

    Saya memulai blog ini (Manaduit.com) tanggal 6 September 2016. Sebenarnya saya sudah mendengar Google AdSense jauh sebelum itu, sekitar tahun 2009, namun waktu itu saya belum berminat (entahlah). Hampir tiga bulan berikutnya, tepatnya 27 Nopember 2016, artikel pertama saya baru terindeks oleh Google. Terlalu menyedihkan? :(
    Tapi gapapa, saya tetap menulis dan terus menulis. Ketika jumlah artikel yang saya buat sudah mencapai 50, sebenarnya saya ingin mendaftarkan blog saya ini untuk mendapatkan satu akun Google Adsense. Saya masih belum pede, selain karena ini adalah pengalaman pertama mendaftar AdSense, saya fikir blog saya (waktu itu) belum qualified untuk diterima oleh pihak Google. Jadi saya putuskan untuk bersabar lagi, sambil melakukan pembenahan hasil dari baca artikel sana-sini dari para master, mempelajari kebijakan program AdSense, dan tetap menulis.

    Singkat cerita, pada pertengahan Desember 2016 (saya lupa tanggalnya), saya beranikan diri untuk mendaftar AdSense. Walau saya belum puas-puas banget dengan persiapan saya, tapi karena saya sudah tidak sabar lagi, dan toh saya juga merasa bahwa blog saya gak melanggar aturan AdSense, jadi kenapa enggak ?

    Sepengetahuan saya, dari membaca sharing para master, permohonan kita (berikut website yang didaftarkan) akan di-review oleh pihak Google selama 2 sampai 7 hari, bahkan ada yang satu bulan bahkan lebih. Setelah itu (katanya) kita akan mendapat email dari Google yang menyatakan bahwa permohonan kita diterima atau ditolak. Pokoknya diterima gak diterima tetap dapat email !. hehehe.

    Baiklah, sejak saat itu setiap hari, dan dalam sehari bisa sampai 10 kali (saya gak sedang lebay kok) saya selalu ngecek email. Hingga hari ketiga, email yang saya tunggu-tunggu tak kunjung datang. Ah, ini pasti sampai hari ketujuh nih proses reviewnya. Ritual mengecek email tiap hari itu saya teruskan, yang selalu diakhiri dengan menghibur diri karena email dari Google belum juga masuk. Ini berlangsung hingga dua minggu, dan sampai akhirnya saya lupa kalau saya punya “kewajiban” mengecek email.

    Skip..skip..

    Di sekitar tanggal 20 Januari 2017, saya kembali teringat akan permohonan akun AdSense saya. Buru-buru saya buka Gmail untuk mengecek. Berulang kali saya scroll ke atas-bawah di periode waktu yang luput saya cek. Dan hasilnya ? memang TIDAK ADA email dari Google. Saya cek di bagian spam, juga nihil ( Lu kira Google nyepam, Tong ?). Pada saat itu saya mengambil kesimpulan sepihak (emangnya cuma diputus cinta aja yang sepihak ? haiiish..) bahwa permohonan akun Google AdSense saya ditolak dan Google lupa atau gak sampai hati mengirim email penolakan kepada saya :(. Bapeeer nih yeee..

    Namun nampaknya saya masih punya sisa-sisa rasa penasaran, sehingga pada saat itu juga saya iseng mencoba login ke halaman dashboard AdSense. Dan yang saya saksikan berikutnya cukup berhasil membuat saya bingung sekaligus terkejut. Oke, saya adalah pemula di AdSense, jadi agak bingung ketika melihat menu dan sub-menu di dashboard AdSense “menyala” aktif. Apakah ini pertanda permohonan saya diterima ?

    Saya utak-atik menu My ads untuk mendapatkan kode iklan. Dan jreeng… muncul kode iklan yang bisa dipasang di blog. Seketika itu juga saya pasang kode iklan itu di sidebar blog saya. Benar saja, ada space iklan berukuran 336 x 280 di sidebar saya. Tapiiiiii… kok blank doank ? saya gak melihat iklan apapun muncul disana, hanya space kosong saja.

    Lagi-lagi saya berusaha mencari tau dari berbagai sumber dan forum internet. Ada salah satu master mengatakan bahwa kejadian semacam itu berarti akun kita diterima namun masih dalam tahap review (kedua). Tapi kenapa saya tidak mendapat email pemberi-tahuan dari Google ? entahlah. Kondisi seperti ini berlangsung sekitar dua hari. Karena selepas dua hari, ketika saya mencoba login ke dashboard AdSense, Pilihan menu dan sub-menu sudah tidak lagi aktif. Ini tidak kalah mengejutkan dari peristiwa pertama tadi. Dan untuk kali ini Google “tega” mengirim email penolakan kepada saya, berikut ini screenshotnya.

    [​IMG]
    Saya tetap mencoba mengambil hikmah dari peristiwa ini. Ini berarti saya perlu berusaha lebih keras lagi, untuk bisa diterima AdSense. Saya pelajari satu-persatu alasan penolakan atas pengajuan saya. Saya coba benahi dan terapkan di blog saya pada hari itu juga, seharian…iya, seharian.. haha
    Setelah saya benahi, pada sore harinya saya nekat untuk me- re-submit permohonan saya, dengan menggunakan email yang sama, dan blog yang sama. Berarti saya sedang mencoba keberuntungan saya untuk beberapa hari kedepan, fikir saya.

    Keterkejutan saya kembali terulang. Di malam harinya, saya lagi-lagi nekat login ke dashboard AdSense. Lalu ? ini sungguh sulit dipercaya, menu dan sub menu di dashboard kembali aktif. Kembali saya bisa dapatkan kode iklan, lalu saya tempel di blog saya seperti yan pernah saya lakukan beberapa hari sebelumnya. Menariknya lagi, iklan langsung tayang tanpa harus menunggu beberapa jam seperti yang dikatakan beberapa pelaku AdSense di forum. Apakah Anda semua yang berhati mulia ini ingin mendukung saya sekaligus memastikan bahwa iklan AdSense benar-benar bekerja ? Anda pasti sudah tau maksud saya, kan ?. hehe. tapi jangan lakukan klik berulang-ulang yaa.

    Cek email lagi , tidak ada pemberitahuan dari Google. Ah, nampaknya perusahaan raksasa ini sedang bermain-main dengan perasaan saya :D
    Lalu apa status akun AdSense saya saat ini ? apakah masih dalam tahap review (lagi) ? atau sudah full approved ? saya sendiri belum tahu. Barangkali para master sekalian disini bersedia memberi pencerahan.

    Ini ceritaku, mana ceritamu ? :)
     
    Last edited: Jan 29, 2017
  2. emen46

    emen46 Member

    Joined:
    Jan 1, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    8
    Paling di phpin sama mbah google gan, sama kaya saya *ketawa4*
     
  3. Pramudya

    Pramudya Member

    Joined:
    Oct 25, 2016
    Messages:
    88
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Earning nambah nggak?

    Biasanya sih kasus kaya gitu sebulan kebanned, cuma gak tau kalo agan ts
     
  4. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Hihi kalo sama adsense mah harus banyak2 bersabar :D
     
  5. PadrePio

    PadrePio Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    haha... beberapa kasus katanya juga gitu ya Gan.. PHP..haha.. semoga kali ini Google tulus sama saya yaa,, gak cm PHP. :D

    Iya estimated earnings nya nambah gan.

    Iya nih Gan, Adsense paling jago bikin orang baper ya... :D
     
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,132
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Ikutan diskusi ah....
    Pendapat saya juga untuk thread @omtopik https://www.bersosial.com/threads/curhat-sedikit-tentang-adsense.42162/

    Jika kita pertama kali daftar adsense, maka kita akan dapat sebuah akun adsense dan otomatis bisa masuk dashboard adsense. Namun untuk menjadi publisher adsense yaitu kita bisa menampilkan iklan adsense harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti situs atau blog telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Google Adsense, identitas lengkap, dll.

    Menurut saya, banyak blogger yang cuma mengandalkan blog-nya untuk mendaftar jadi publisher (bukan hanya akun adsense) namun tidak memperhatikan hal lain. Misalkan alamat yang digunakan sudah pernah dipakai dan dibanned, menggunakan komputer yang sama (IP komputer bisa terbaca Google) atau identitas meragukan. Pada review ke dua, biasanya (menurut saya lagi) akan di review oleh human (karyawan google) bukan oleh sistem seperti saat pertama kali mendaftar. Inilah mengapa review ke dua bisa berlangsung lama.

    Saat ini menjadi publisher adsense sangat ketat, untuk itu, selain blog yang unik siapkan juga identitas akun adsense (termasuk gmail) yang wajar sesuai ktp atau lainnya. Ditolak sekali hal yang wajar, jangan putus asa. (Sy di tolak 2 kali dan pengajuan ke 3 diterima dengan usia blog 3 bulan) Kalau berkenan, baca http://www.kangandre.web.id/2016/10/pengalaman-kedua-menjadi-publisher.html
     
  7. PadrePio

    PadrePio Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Wah, suatu kehormatan nih buat saya seorang maestro seperti @KangAndre sedia mampir di Trit saya. *ketawa3*
    Jadi menurut aKang status akun saya sedang dalam review kedua begitu ya, Kang ?. Baiklah Kang, saya ikuti saja aturan mainnya. hehe. Oh iya saya sudah singgah ke halamannya Kang... Keren.. *bagus*
     
Loading...
Similar Threads - Curhat Colongan [CURCOL]
  1. gluunews
    Replies:
    33
    Views:
    3,015
  2. omtopik
    Replies:
    7
    Views:
    1,131
  3. modd12com
    Replies:
    14
    Views:
    1,764

Share This Page