Tumblr Semakin Nyaman dan Aman

Discussion in 'Tumblr' started by KangAndre, Jan 9, 2019.

Tags:
  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,667
    Likes Received:
    2,529
    Trophy Points:
    313
    Pada thread sebelumnya yang ditulis oleh @wphoet pada 17 Feb 2016 dengan judul "Tumblr akan Dibegal Oleh Kominfo" dan saya juga menulis "Tumblr Tidak Jadi di Begal" pada 18 Feb 2016. Namun akhirnya Tumblr Dibegal Oleh Kominfo. Artinya Tumblr jadi "haram" untuk jaringan internet Indonesia.

    Setelah kurang lebih 2 tahun Tumblr kena cekal dan hanya bisa dibuka dengan VPN atau proxy luar Indonesia, akhirnya Tumblr bisa diakses bebas kembali. Namun ada pedoman yang harus ditaati oleh pemilik Tumblr jika ingin blognya tetap eksis. Hal ini untuk membuat Tumblr nyaman dan aman untuk masyarakat Indonesia.

    Berikut ini Pedoman Komunitas Tumblr per 17-12-2018

    Pedoman Komunitas

    Sebagai platform global untuk kreativitas dan ekspresi diri, Tumblr berkomitmen kuat dalam mendukung dan melindungi kebebasan berpendapat. Pada saat yang sama, kami membatasi sejumlah kategori yang diartikan secara sempit tetapi sangat penting sehubungan dengan konten dan perilaku yang membahayakan pengguna kami, mengancam infrastruktur kami, dan mengganggu komunitas kami.

    Tumblr digunakan untuk:

    Tumblr menjunjung kreativitas. Kamu bebas mengekspresikan diri dan menggunakan Tumblr untuk mencerminkan siapa dirimu dan apa yang kamu sukai, pikirkan, dan dukung.

    Tumblr bukan untuk:

    Terorisme.

    Kami tidak menoleransi konten yang mendukung, menganjurkan, atau memancing aksi terorisme. Hal itu termasuk konten yang mendukung atau mengagungkan organisasi teroris, pemimpinnya, atau kegiatan kekerasannya yang terkait.

    Ujaran Kebencian.

    Jangan menganjurkan kekerasan atau kebencian. Jangan memposting konten untuk mendukung atau memancing kebencian terhadap, atau tidak memanusiakan, individu atau kelompok berdasarkan ras, suku bangsa atau negara asal, agama, gender, identitas gender, usia, status veteran, orientasi seksual, disabilitas atau penyakit. Jika kamu menemukan konten yang melanggar kebijakan ujaran kebencian kami, mohon laporkan.

    Perlu diingat bahwa suatu posting mungkin bersifat jahat, murahan, atau menyinggung, tapi tak menganjurkan tindakan kekerasan atau kebencian. Dalam hal itu, kamu dapat memblokir pembuat postingnya kapan pun—atau, jika mau, kamu dapat mengemukakan pendapatmu kepada mereka secara langsung, atau menggunakan Tumblr untuk angkat bicara, menantang ide-ide, meningkatkan kesadaran, atau memulai diskusi dan debat.

    Menyakiti Anak di Bawah Umur.

    Bersikaplah bijak ketika memposting apa pun yang terkait dengan anak di bawah umur. Jangan memposting atau meminta segala hal yang kasar atau berkonotasi seksual sehubungan dengan anak di bawah umur. Jangan merisak (bully) anak di bawah umur walaupun kamu sepantaran. Menjalani masa remaja sudah cukup rumit tanpa tambahan kecemasan, kesedihan, dan pengucilan akibat perisakan.

    Dukungan atau Pengagungan terhadap Tindakan Menyakiti Diri Sendiri.

    Jangan memposting konten yang secara aktif mendukung atau mengagungkan tindakan menyakiti diri sendiri. Hal ini termasuk konten yang mendorong atau mengajak orang lain untuk: menyayat atau melukai diri sendiri; menganut anoreksia, bulimia, atau gangguan pola makan lain; atau bunuh diri dan bukannya, antara lain, mendapatkan konseling atau perawatan, atau bergabung dalam dialog suportif dengan mereka yang menderita atau sedang bangkit dari depresi atau kondisi lain. Dialog tentang perilaku tersebut sangatlah penting dan komunitas online dapat menjadi luar biasa berguna bagi orang-orang yang tengah berjuang menghadapi kondisi sulit itu. Kami bertujuan agar Tumblr menjadi tempat yang memfasilitasi kesadaran, dukungan, dan pemulihan, dan kami akan menghapus posting atau blog yang melewati batas hingga secara aktif mendukung atau mengagungkan tindakan menyakiti diri sendiri.

    Konten Dewasa.

    Jangan mengunggah gambar, video, atau GIF yang menampilkan alat kelamin manusia atau puting payudara perempuan sungguhan—ini termasuk konten realistis seperti foto yang dapat disalahartikan sebagai manusia sungguhan. Jenis konten artistik, edukasi, berita, atau politik tertentu yang menampilkan ketelanjangan masih diizinkan. Jangan mengunggah konten apa pun, termasuk gambar, video, GIF, atau ilustrasi yang menampilkan hubungan seks. Untuk informasi lebih lanjut tentang segala larangan dalam pedoman ini dan cara meminta peninjauan kembali untuk label konten dewasa, baca pusat bantuan kami.

    Konten dan Ancaman Kekerasan, Sadisme, dan Mutilasi.

    Jangan memposting konten yang memuat ancaman kekerasan terhadap individu atau kelompok—ini termasuk ancaman pencurian, perusakan properti, atau tindakan yang merugikan secara finansial. Jangan memposting konten kekerasan atau sadis hanya untuk mengejutkan orang-orang. Jangan menampilkan mutilasi atau penyiksaan manusia, hewan (termasuk beastialitas), atau bangkainya. Jangan memposting konten yang menganjurkan atau memancing kekerasan, atau mengagungkan tindak kekerasan atau pelakunya.

    Skema Gestur Sosial yang Tidak Tulus.

    Jangan berpartisipasi dalam skema untuk meningkatkan jumlah Ikuti, Suka, Reblog, dll. Jangan memulai atau terlibat dalam kegiatan yang mendorong pengguna mengikuti pengguna lain untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Jangan menggunakan fitur perpesanan, seperti Surat Fans atau Tanya, secara massal atau sembarangan untuk, antara lain, mendapatkan Reblog/Ikuti atau mengarahkan pengunjung ke blog atau situs webmu. Jika kamu ingin orang lain menyukaimu, santai saja dan jadilah dirimu sendiri.
    Tautan yang Menyesatkan atau Menipu Jangan memasukkan tautan yang menyesatkan atau menipu pada postingmu. Hal itu termasuk memberikan tautan dengan deskripsi yang menipu, menampilkan kolom "sumber" yang salah pada posting, mengatur pranala yang sesat pada gambar, atau menyematkan tautan ke iklan peralihan atau pop-up.

    Kesalahan atau Ketiadaan Sumber.

    Pastikan kamu selalu memberikan atribusi yang sepantasnya dan menyertakan tautan lengkap ke sumber aslinya. Ketika menemukan sesuatu yang menarik di Tumblr, lebih baik me-reblog daripada memposting ulang. Lagipula, me-reblog jauh lebih mudah dan menyenangkan. Ketika me-reblog sesuatu, JANGAN menyertakan tautan kembali ke blogmu hanya untuk mencuri perhatian dari posting aslinya.

    Penyalahgunaan atau Pencaplokan Nama Pengguna/URL.

    Nama pengguna/URL Tumblr adalah untuk digunakan dan dinikmati oleh semua pengguna kami. Jangan mencaplok, menimbun, menumpuk, mengoleksi, menampung, menyusun, mengumpulkan, membeli, memperdagangkan, menjual, mencuci, berinvestasi, memakan, menghirup, mengobrol, meraba, atau berlebihan dalam menjaga nama pengguna/URL Tumblr.

    Ketidakaktifan Akun.

    Gunakanlah Tumblr! Gunakan Tumblr setiap saat! Atau setidaknya, gunakan Tumblr setahun sekali. Jika tidak, kami dapat menandai akunmu sebagai akun tak aktif. Kontenmu tak akan pergi kemana-mana. Namun, walaupun konten itu tetap diarsipkan, URL-mu akan dibebaskan untuk digunakan oleh orang lain.

    Spam.

    Jangan mengirimkan spam kepada orang lain. Jangan membuat posting spam, jangan mengirimkan balasan spam, jangan mengirimkan pesan spam kepada orang lain. Bertindaklah dengan rasa hormat. Jangan memposting tagar yang dapat menipu atau menyesatkan pencari pada postingmu. Sebagai contoh, jangan memberikan tagar "si kancil" pada foto kucingmu, kecuali jika nama kucingmu memang Si Kancil, dan jangan memenuhi postingmu dengan #label #tidak #terkait. Tentu saja, penggunaan tagar yang bermakna bukanlah masalah (contoh, tagar "lawakan" ironis yang menambahkan makna atau konteks pada posting). Jangan memasang kode tidak jelas pada postingmu, seperti menggunakan JavaScript untuk menyebabkan pengalihan atau menampilkan iklan tak diinginkan pada blog. Jangan menggunakan cara yang menipu untuk memperoleh penghasilan atau pengunjung, atau membuat blog dengan tujuan utama untuk pemasaran afiliasi. Tumblr bukan tempat spam.

    Pendaftaran Massal atau Otomatis.

    Jangan mendaftarkan akun atau memposting konten secara otomatis, sistematis, atau dengan program.

    Kontes, Undian, atau Pemberian Hadiah Tak Berizin.

    Mohon ikuti pedoman kami untuk kontes, undian, dan pemberian hadiah.

    Tema yang Didistribusikan oleh Pihak Ketiga.

    Untuk memastikan keamanan dan stabilitas jaringan blog kami, penting untuk mendistribusikan tema melalui tumblr.com/themes. Mudah, aman, dan semua developer yang tertarik dapat memanfaatkannya untuk menyimpan dan mempromosikan karya masing-masing. Selain menyulitkan, kumpulan tema pihak ketiga sering kali digunakan untuk memasukkan kode jahat yang memaksa pengguna berhadapan dengan spam, iklan, atau pencurian informasi pribadi. Jangan menggunakannya. Membuat blog atau direktori yang mengumpulkan tema dari tumblr.com/themes bukan masalah.

    Pelanggaran Hak Cipta atau Merek Dagang.

    Hargailah hak cipta dan merek dagang orang lain. Jika kamu tidak diizinkan untuk menggunakan karya seseorang yang berhak cipta atau bermerek dagang (baik berdasarkan lisensi atau pengecualian dan batasan hukum seperti penggunaan wajar), jangan mempostingnya.
    • Kekayaan intelektual adalah isu yang rumit, jadi sekarang kami akan menjelaskan sejumlah aspek pada proses yang kami gunakan dalam menghadapi keluhan hak cipta dan merek dagang. Kami menanggapi pemberitahuan atas tuduhan pelanggaran hak cipta berdasarkan Ketentuan Layanan kami dan Hukum Hak Cipta Amerika Serikat (DMCA); silakan gunakan formulir pemberitahuan DMCA kami untuk mengajukan klaim hak cipta secara online. Kami memerlukan pemberitahuan DMCA yang sah sebelum menghapus konten. Para pihak yang mengajukan klaim pelanggaran merek dagang harus menunjukkan karya yang dianggap sebagai pelanggaran dan dasar hukum klaimnya, sekaligus menyertakan nomor pendaftaran dan/atau pengajuan yang terkait dengan merek dagang masing-masing. Setiap klaim ditinjau oleh anggota terlatih tim Amanah dan Keamanan (Trust and Safety) kami.
    • Jika kami menghapus suatu materi sebagai tanggapan atas klaim hak cipta atau merek dagang, pengguna yang memposting materi yang dianggap sebagai pelanggaran akan menerima informasi dari pemberitahuan pengadu (seperti identifikasi pemegang hak dan karya yang dianggap sebagai pelanggaran) agar dapat menentukan dasar klaim itu.
    • Kami selalu berupaya memastikan agar kedua belah pihak memperoleh kesempatan untuk membela diri pada setiap kasus keluhan hak cipta atau merek dagang. Sehubungan dengan klaim hak cipta, pihak yang memposting dapat mengajukan pemberitahuan balasan DMCA kepada kami, sebagaimana dijelaskan dalam Ketentuan Layanan kami. Pemberitahuan balasan yang terbukti benar akan menyebabkan pemulihan konten yang dipermasalahkan setelah masa tunggu wajib sebagaimana ditentukan dalam DMCA. Sehubungan dengan klaim merek dagang, pihak yang memposting dapat mengirimkan permohonan kepada kami untuk membela diri beserta segala materi pendukung yang terkait. Jika naik banding kasus merek dagang diterima, ini akan menyebabkan pemulihan konten yang dipermasalahkan.
    • Sehubungan dengan pelanggaran hak cipta berulang, kami menggunakan sistem tiga pelanggaran untuk mengevaluasi posisi akun pengguna. Secara umum, setiap pemberitahuan pelanggaran hak cipta yang terbukti benar dihitung sebagai satu pelanggaran, dan tiga pelanggaran akan menyebabkan penghapusan akun pengguna. Ketika pengguna mengajukan pemberitahuan balasan DMCA yang terbukti benar, kami menghapus hitungan pelanggaran yang terkait dari catatan mereka.
    • Duh. Itu memang proses yang rumit, tapi kami bangga terhadapnya, dan menurut kami itu itu proses yang seimbang antara pemilik hak dan pengguna.
    Peniruan atau Pemalsuan Identitas.

    Jangan melakukan hal yang menyebabkan kesimpangsiuran antara kamu atau blogmu dengan orang atau perusahaan lain, seperti dengan sengaja mendaftarkan URL yang membingungkan. Jangan memalsukan identitas siapa pun. Walaupun kamu bebas meledek, memarodikan, atau mengagumi kekocakan Raffi Ahmad, kamu tidak dapat berpura-pura menjadi Raffi Ahmad.

    Usikan.

    Jangan terlibat dalam tindakan yang mengganggu atau melecehkan. Jangan terlibat dalam seksualisasi tak diinginkan atau pelecehan seksual terhadap orang lain. Jika seseorang mengirimkanmu pesan yang tak diinginkan atau me-reblog postingmu dengan kasar, kami menganjurkanmu untuk proaktif memblokir orang itu. Dan jika seseorang memblokirmu, jangan mencoba mengakali fitur blokir atau bersikeras mengontaknya.

    Pelanggaran Privasi.

    Jangan menggunakan Tumblr untuk mendapatkan informasi pribadi melalui penipuan. Jangan memposting konten yang melanggar privasi orang lain, khususnya yang mengidentifikasi secara personal atau informasi rahasia seperti nomor kartu kredit, nomor KTP, atau informasi kontak yang tak dicantumkan. Jangan pernah memposting pornografi non-konsensual—yaitu segala foto atau video pribadi yang diambil atau diposting tanpa persetujuan subjeknya.

    Penggangguan, Eksploitasi, atau Penyalahgunaan Sumber Daya.

    Server kami, dan para teknisi hebat di baliknya, bekerja keras untukmu. Jangan mencoba menggunakan, mengganggu, atau mengeksploitasi Tumblr.com atau produk atau layanan kami lainnya tanpa izin, atau menyalahgunakan fasilitas Tumblr.

    Penggunaan atau Konten yang Melanggar Hukum.

    Jangan menggunakan Tumblr untuk melakukan tindakan ilegal, seperti penipuan atau pencurian data. Itu harusnya cukup jelas untukmu sebagai orang yang berbudi.

    Perdagangan Manusia dan Prostitusi

    Jangan gunakan Tumblr untuk memfasilitasi perdagangan seks atau segala bentuk perdagangan manusia atau prostitusi ilegal lainnya. Jika kamu melihat aktivitas ini di Tumblr, segera laporkan dan dorong korbannya untuk menghubungi call center POLRI 110.

    Jika terbukti melanggar pedoman ini, kamu mungkin akan menerima pemberitahuan via email. Jika kamu tidak menjelaskan alasanmu atau memperbaiki perilakumu, kami dapat menindak akunmu. Kami berupaya sebaik mungkin untuk memastikan hasil akhir yang adil. Namun, dalam segala kasus kami berhak memblokir akun atau menghapus konten tanpa pemberitahuan, dengan alasan apa pun, khususnya untuk melindungi layanan, infrastruktur, pengguna, dan komunitas kami. Kami berhak untuk menegakkan, atau tidak menegakkan, keberlakuan pedoman ini sesuai dengan kebijakan kami. Pedoman ini tidak menimbulkan tanggung jawab atau kewajiban kontraktual bagi kami untuk bertindak dalam bentuk apa pun.

    Oh ya, terima kasih telah membaca sampai habis. Selamat datang di Tumblr.

    Tautan ke Versi Sebelumnya

    Kamu dapat menemukan versi lama Pedoman Komunitas kami di GitHub, yang memungkinkanmu untuk membandingkan versi lama dan melihat ketentuan mana yang telah diperbarui.

    http://github.com/tumblr/policy/commits/master/community-guidelines.txt


    Sumber: https://www.tumblr.com/policy/id/community
     
    Damar likes this.
  2. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,055
    Likes Received:
    1,036
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Nice copy-paste.

    Saya senang karena Tumblr bisa diakses dan lebih cepat. Saya sedih karena blog yang dahulu terkenal kini tutup.
     
    Damar likes this.
  3. Dadan rusdan

    Dadan rusdan Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,064
    Likes Received:
    251
    Trophy Points:
    83
    Akhirnya.... bisa buat backlink juga kan kang:D
     
    Damar likes this.
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,667
    Likes Received:
    2,529
    Trophy Points:
    313
    Meskipun ada kebebasan berpendapat, namun Kami (Tumblr) membatasi sejumlah kategori yang diartikan secara sempit tetapi sangat penting sehubungan dengan konten dan perilaku yang membahayakan pengguna kami, mengancam infrastruktur kami, dan mengganggu komunitas kami.
     
    Damar likes this.
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,667
    Likes Received:
    2,529
    Trophy Points:
    313
    Kalau pakai wordpress bisa langsung share otomatis. :D
     
    Damar likes this.
  6. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,055
    Likes Received:
    1,036
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Damar likes this.
  7. Dadan rusdan

    Dadan rusdan Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,064
    Likes Received:
    251
    Trophy Points:
    83
    Tapi ada statistik penggunanya sekarang kang ? Kan udah lama gak nongol di Indo
     
    Damar likes this.
  8. Isfan Fajar

    Isfan Fajar Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    dofollow kah kang? mau nanem juga ahhh *kagum**kagum*
     
    Damar likes this.
  9. Ahmad Mujib

    Ahmad Mujib Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    211
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Dari blogspot jg bisa, buka pakek chrome android, copy link addresnya. Tp kudu nginstall app tumblr nya
     
    Damar likes this.
  10. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    275
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Mantap banget nih kang, akhirnya bisa bebas diakses lagi
     
    Damar likes this.
  11. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    309
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    pas kang andre bilang gitu langsung ane akses dan emang bener tampilan UI nya sama lebih smooth juga aksesnya enak nyaman.
     
    Damar likes this.
  12. Ryan adiputra

    Ryan adiputra Member

    Joined:
    Jul 5, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    ada yang bisa jelasin maksudnya, "jika tidak aktif setaon, konten masih ada tetapi URL-mu akan dibebaskan untuk digunakan oleh orang lain" ?
     
    Damar likes this.
  13. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    817
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Alhamdulillah..
    Ternyata ada perubahan juga.
     
    Damar likes this.
  14. Androflazher

    Androflazher Member

    Joined:
    Dec 11, 2016
    Messages:
    38
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    Ternyata tumblr bisa buat backling jg ya kang.. Waduhh.. Ktggalan zaman sayaa..:eek:
     
    Damar likes this.
  15. Yuyutsu

    Yuyutsu Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    231
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Tumblr udah saya tinggalin karena sempat diblokir ISP.. tapi sekarang pengen lagi ngeblog di tumblr biarpun backlinknya ga langsung dari posting..
     
    Damar likes this.
  16. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,667
    Likes Received:
    2,529
    Trophy Points:
    313
    Tumblr itu seperti blogspot, wordpress, weebly, dll sehingga bisa dijadikan backlink. Tinggal bagaimana cara setting yang tepat.
     
    Damar likes this.
  17. Yuyutsu

    Yuyutsu Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    231
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Kalo diposting, kena redirect ya Kang? Apa udah ada update lagi?
     
    Damar likes this.
  18. tajba

    tajba New Member

    Joined:
    Sep 10, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Asyik bisa Tumblr lagi tanpa VPN :)
     
    Damar likes this.
  19. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,428
    Likes Received:
    201
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kamu pengguna Google Drive Premium / Berbayar?
    Saya lihat ukuran total file di dalam folder tersebut 260 GB :eek:
     
  20. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,055
    Likes Received:
    1,036
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    That's a my trade in secret.

    Dan akan bertambah dari waktu ke waktu. Tergantung apakah saya punya waktu luang banyak atau tidak.
     
    Damar likes this.
Loading...

Share This Page