GPT-5: Tanggal Rilis dan Perkembangannya Menuju AGI

Updated 03 Juli 2024 Tim Bersosial.com Tech

GPT-5 AGI

OpenAI, sebuah perusahaan yang terkenal dalam pengembangan kecerdasan buatan, telah mengumumkan langkahnya menuju "Artificial General Intelligence" (Kecerdasan Umum Buatan) atau AGI di GPT-5 pada waktu perilisan model terbarunya, GPT-4o.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, GPT-5 diharapkan mampu memberikan kemampuan yang melebihi model-model sebelumnya dalam hal kompleksitas dan efisiensi.

Perkembangan Menuju AGI

Pada suatu wawancara dengan Dartmouth Engineering, Mira Murati, Chief Technology Officer (CTO) OpenAI, menyatakan bahwa GPT-5 mengalami lonjakan kemampuan yang signifikan:

Jika Anda melihat perkembangannya, sistem seperti GPT-3 mungkin merupakan kecerdasan tingkat balita. Dan sistem seperti GPT-4 lebih mirip kecerdasan anak sekolah menengah atas. Dan kemudian, dalam beberapa tahun ke depan, mungkin kami bisa mencapai kecerdasan S3. Banyak hal yang berubah dan berkembang dengan sangat cepat.

Perkembangan ke arah kecerdasan buatan yang semakin canggih dan mirip dengan kecerdasan manusia sedang terjadi dengan pesat.

Perbedaan AI dan AGI

Salah satu perbedaan utama antara AI dan AGI adalah kemampuan berpikir. AI terbatas pada tugas-tugas yang telah diprogramkan ke dalamnya, sementara AGI memiliki kemampuan untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya sendiri, mirip dengan proses pembelajaran manusia. Ini memungkinkan AGI untuk menangani situasi baru dan menyelesaikan masalah yang kompleks tanpa perlu pemrograman ulang.

Tanggal Rilis GPT-5

Meskipun belum ada tanggal pasti, rumor yang beredar menyebutkan bahwa GPT-5 kemungkinan akan dirilis menjelang akhir tahun 2024. OpenAI telah menunjukkan kecepatan yang mengesankan dalam merilis model-model baru, dengan GPT-4 yang diluncurkan hanya empat bulan setelah GPT-3.5.

Ketersediaan dan Akses

Saat ini, model-model GPT yang komersial seperti GPT-3.5, GPT-4, dan GPT-4o dapat diakses melalui ChatGPT dengan opsi gratis. Pengguna dapat mengakses model-model terbaru dengan berlangganan ChatGPT Plus, yang juga memberikan akses ke alat tambahan seperti Dall-E image generator. Belum ada informasi apakah GPT-5 akan tersedia bagi pengguna gratis setelah peluncurannya nanti.

Meskipun masih belum pasti, harapan untuk mencapai Artificial General Intelligence (AGI) dengan GPT-5 tetap ada. Namun, para ahli industri telah lama meragukan kemungkinan ini. Meskipun demikian, perkembangan teknologi kecerdasan buatan semakin cepat, sehingga optimisme tentang keberhasilan ini semakin memuncak.

Tantangan dan Penolakan terhadap GPT-5

Meskipun OpenAI tengah mengembangkan GPT-5, terdapat gerakan untuk menghentikan kemajuannya. Sebuah petisi yang ditandatangani oleh lebih dari seribu tokoh publik dan pemimpin teknologi telah dipublikasikan, meminta agar pengembangan melebihi GPT-4 dihentikan. Hal ini menjadi sorotan terutama ketika kekhawatiran terhadap teknologi semakin berkembang di kalangan pemerintah maupun masyarakat pada umumnya.

Dengan progres teknologi yang semakin pesat, GPT-5 merupakan langkah krusial dalam perjalanan menuju kecerdasan buatan yang lebih canggih. Meskipun tantangan dan ketakutan akan dampaknya masih ada, OpenAI terus bergerak maju untuk mencapai Artificial General Intelligence yang diidamkan.

Published: 27 Juni 2024
Tags:

Related articles